Blackberry Review – OS 5 on Javelin 8900


OS 5.x.x.x beta version

OS 5.x.x.x beta version

Penasaran dengan OS 5.x.x.x, akhirnya memberanikan diri melakukan percobaan, karena device saya adalah javelin 8900, maka trial OS 5 dilakukan dengan 2 OS leak yaitu: 5.0.0.93 dan 5.0.0.130, OS 5.0.0.100 tidak sempat saya coba karena tidak mendapatkan link downloadnya🙂 rata2 OS leak ini linknya tidak bertahan lama, sehingga siapa cepat ya siapa dapat, belum lagi harus bersaing dengan trial dari negara-negara lain, sehingga kesempatan untuk mendownload sangat kecil.anyway, secara general, OS 5, merupakan penyempurnaan terhadap versi OS sebelumnya, yang mana (seharusnya) lebih cepat (snappy), memory leak kecil dan memiliki feature tambahan/perbaikan. untuk versi leak ini, terus terang kestabilan OS masing-masing version (including leak pada Bold dan Storm) masih kurang, dan terkadang device bisa freeze tanpa sebab.

Overall, OS 5 sangat menarik, terutama untuk feature2 seperti:

  1. flag email
  2. multiple tab browser
  3. Blackberry Messenger 5 yang lebih baik
  4. google gears
  5. etc

karena versi beta, maka OS yang ada tentu masih memiliki kekurangan, seperti:

  1. aplikasi facebook tidak bisa digunakan
  2. aplikasi messenger tidak bisa digunakan (ada beberapa user berhasil menyuntikan Yahoo Messenger pada OS 5.0)
  3. random Freeze pada aplikasi seperti browser dan mail

berdasarkan informasi yang saya dapatkan di forum pinstack.com, OS 5 akan di release sebelum libur natal dan tahun baru 2009 (hopefully tidak molor) dan pada type2 blackberry terbaru akan langsung terinstall dengan OS 5.0, sayangnya, saya tidak mendapatkan konfirmasi apakah OS 5 dapat diinstall pada perangkat blackberry ber OS 4.5 (curve 83xx,huron 88xx dan pearl 81xx series). tebakan saya, OS 4.5 tidak dapat diupgrade ke OS 5 dengan 2 alasan:

  1. RAM memory yang kecil (64Mb)
  2. memperbesar peluang penjualan seri terbaru dan mengakhiri life cycle support pada OS 4.5.

sekali lagi, ini hanya tebakan, semoga hal ini tidak terjadi.

nah, tulisan dibawah ini akan menampilkan beberapa feature / perubahan yang terjadi pada OS 5.0 yang menarik untuk disimak.

Browser multitab
yup, seperti perkembangan browser desktop di PC, maka di OS 5, browser memiliki kemampuan untuk membuka beberapa halaman situs sekaligus, contoh: anda ingin langsung mem-browse kompas.com, detik.com dan lewatmana.com.

Multitab browsing on OS5

Multitab browsing on OS5

Menu New Tab untuk mengakses link situs lain

Menu New Tab untuk mengakses link situs lain

kecepatan browsing sangat significant meningkat di OS 5 ini, namun semoga di release resminya sudah mengusung shortcut untuk pindah tab tanpa harus menggunakan menu.

Satu lagi yang baru, adalah Google Gears yang diintegrasikan dengan blackberry, belum terlalu jelas untuk menu ini di blackberry, kalau dari google sendiri “extension that allows to navigate on compatible websites offline and synchronize when going back online.”  tetapi untuk mengetahui lebih lanjut, silakan masuk ke gears.google.com

Google gears yang diintegrasikan dengan blackberry

Google gears yang diintegrasikan dengan blackberry

Blackberry Messenger (BBM)
Nah, fitur kedua ini paling menarik, BBM versi 5, membawa perubahan besar, yang paling berubah adalah :

  1. tampilan listing friend kita yang sekarang dapat menampilkan icon bergambar pilihan kita, termasuk recent activity BBM kita – seperti pada facebook highlights.
    home of blackberry 5.0

    home of blackberry 5.0

    BBM recent activity over all contacts

    BBM recent activity over all contacts

  2. kemampuan untuk membackup/merestore listing friend kita dan history percakapan, sehingga saat kita melakukan upgrade/downgrade, semua data id BBM rekan kita dapat direstore dengan mudah.

    Backup and restore contact BBM

    Backup and restore contact BBM

  3. selain fungsi ‘manual’ diatas, handset kita akan terhubung dengan server RIM, sehingga data nomor id PIN kita dibackup otomatis oleh RIM, saya beberapa kali mencoba melakukan upgrade/downgrade TANPA melakukan restore contact id BBM rekan saya, karena di BBM OS 5 otomatis direstore oleh server RIM saat terkoneksi dengan jaringan BIS.
  4. adanya QR barcode untuk memudahkan di dalam di dalam meng-add id BBM kita.

    QR barcode identifikasi blackberry baru

    QR barcode identifikasi blackberry baru

  5. buat rekan2 yang khawatir nomor PIN terdistribusi pada orang yang salah, atau kesulitan untuk mengingat nomor PIN anda, RIM mengusung solusi baru, yaitu QR barcode (yang merupakan kombinasi PIN+IMEI), yang mana dapat di distribusikan kepada orang lain, atau jika anda bertemu dengan rekan yang ingin mengadd PIN anda, cukup menampilkan halaman QR barcode dan rekan anda yang juga menggunakan BBM 5 tinggal melakukan add via kamera blackberry.

Email

  1. Pada email application di OS sebelumnya, tidak terdapat feature untuk menandai mana email-email yang membutuhkan follow up atau perhatian lebih lanjut dari anda, nah di BBM 5 ini, terdapat feature baru yang bernama Flag for follow up yang dapat kita define berdasarkan pilihan yang ada dan dapat di mark dengan color/warna yang berbeda. sangat membantu terutama untuk mengingatkan kita saat harus berkonsentrasi pada hal ini lain.
    flag your email to follow up latter

    flag your email to follow up latter

    flag within your category and color mark

    flag within your category and color mark

  2. jika anda teliti, setiap email yang diterima, terutama email ber-attachment memiliki status bar saat melakukan download. nah di OS 5.0 fungsi ini ditambahkan pada setiap yang kita KIRIMKAN, sehingga kita dapat mengetahui seberapa jauh proses pengiriman email ber-attachment. salah satu improvement sederhana yang bagus sekali.

    email sending status bar-simple but usefull

    email sending status bar-simple but usefull

Profile
salah satu perubahan yang paling mencolok di OS 5 adalah profile management atau biasa kita kenal sebagai feature untuk mengganti ringtone untuk berbagai kondisi. perubahan yang terbesar adalah:

  1. Profile terkategori dengan baik berdasarkan jenis email, phone, instant messenger, IM function. seluruhnya dapat di drill down. dalam percobaan saya, fungsi ini bahkan sudah terintegrasi dengan berrybuzz tanpa ada masalah, terutama untuk fungsi reminder yang akan ditambahkan setting sound dan led blinkingnya di Profile.

    new profile interface more options and simple to access

    new profile interface more options and simple to access

  2. Ada fungsi volume ringtone, kita dapat menset lembut ke terkeras bunyi ringtone kita, terdapat 10 level volume yang dapat kita pilih. Pada OS 4.6.1.xxx, blackberry Javelin yang mengalami salah satu kelemahan, yaitu bunyi ringtone yang tidak optimal dan kecil volume suaranya, maka di OS 5 hal tersebut tidak terjadi lagi.

    No more: low,medium and high, specific 1 through 10

    No more: low,medium and high, specific 1 through 10

Options
Pada menu Options, ada beberapa feature yang dulunya di dalam option lain sudah memiliki option terpisah,  salah satunya adalah:

Applications
kalau dulu fungsi ini terlihat di advance functions, maka sekarang appliations memiliki halaman sendiri, dan tampilannya sangat bagus dan mudah digunakan saat ingin mendelete aplikasi atau merubah permissions.

applicaition menu with listed applications

application menu with listed applications

new way to delete and edit permissions

new way to delete and edit permissions

kemudian pada setiap field di options, berubah dan berbentuk mirip seperti OS 4.7.x.x di device seri 95xx (storm), menonjol dan berefek-bevel.

interesting font with interesting new field interface

interesting font with interesting new field interface

juga penambahan option2 yang belum pernah ada di OS sebelumnya, perkiraan saya hingga release resmi option ini akan bertambah.

Media
Hal terakhir namun menarik adalah tambahan feature di fungsi Media, yaitu:
Icon Video
Fungsi akses langsung seperti fungsi Audio,langsung mengakses list video yang kita miliki, sehingga tidak perlu masuk ke Media dulu untuk mengakses menu video.

icon access direct to video collections

icon access direct to video collections

Image view
Kalau di OS sebelumnya, dalam mereview previous/next picture harus dilakukan manual, maka di OS 5, cukup menggerakkan trackball ke kiri/kanan untuk menuju previous/next picture, cool feature.

Nah demikianlah review sekilas saya tentang OS 5, saya masih menantikan feature-feature baru yang belum terlihat, karena jika hanya seperti diatas perubahan yang ada, rasanya tidak cukup significant membuat customer RIM untuk moving ke OS terbaru.

saya tidak bisa memberikan link OS 5.x.x.x ini kepada anda, karena masih bersifat beta dan beresiko besar membuat anda susah, apalagi jika anda tidak terlalu mengerti hal teknis🙂

semoga sharing ini membantu memberikan overview dan pengharapan yang menarik besar pada OS 5 yang akan segera di release.

~ by celemotan on 30 July, 2009.

16 Responses to “Blackberry Review – OS 5 on Javelin 8900”

  1. komplit om… tinggal ganti hp ke javelin aja he… he….

  2. Cara nge-upgrade jadi os 5 gimana nih boss?? Thx

  3. Yang terbaru bisa download di blackberry.bosen.net .

  4. Ribet OS-nya BB, gak se-simple Symbian ato iPhone

    • kalau sudah dicoba akan terasa kok gampangnya bos steve jobs:-)
      kelemahannya cuma 1 dibanding apple milik anda..
      OS blackberry hampir tiap bulan keluar updatenya + besar size downloadnya..

  5. sharing file nya dong om..

  6. Bro… Download os 5.0.0.190 buat jave and
    Bold. Di megaupload.com lebih Ok²
    Semua feature bisa. Facebook ver 1.6.0.22
    Juga bisa jalan. Cuma lagi nyari link
    Bbm5 nya nih. Punya gak? Thanx

  7. bro, mau tanya dong, bagaimana menggunakan BBM versi 5 pada OS 5.0.0190? karena saya tidak berhasil meng upload versi BBM versi 5. Icon nya selalu hilang. thanks

  8. wah sayang baru baca sekarang, mau dounk di japri dimana download versi 5 nya. menurut anda mana yang lebih stabil dan irit baterai yg ver 130 atau 93

    • yang lebih sayangnya, saya baru membaca message anda sekarang hehehe..
      coba main ke blackberryOS.com bro, di section 8900..
      OS 5.0 masih bersifat beta, versi terbaru yang bisa digunakan 5.0.0.190, sudah lebih baik dari .130 dan .93, sayangnya masih tidak bisa menggunakan facebook dan masih ada beberapa bug.
      tetapi overall sangat stabil dan snappy.

  9. terima kasih tertarik dengan hasil penjelasan saudara, dan akan coba untuk mendownload nya ke versi OS 5 ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: