Blackberry Tips – bagaimana Mengecheck blackberry yang kita beli?


Booming penjualan blackberry membuat banyak orang ingin segera memiliki blackberry, dan para seller pun tidak ketinggalan untuk memenuhi demand blackberry ini.

vendor RIM hanya menjual melalui vendor telko yang ada di indonesia, namun karena harga jualnya mahal, maka end user seringkali mencari seller Blackmarket yang menjual lebih murah.

sayangnya, beberapa orang seller ternyata tidak mengerti/mengenal blackberry yang mereka jual, anggapan bahwa blackberry adalah handphone biasa telah membuat seller dan buyer mengalami masalah.
beberapa blackberry yang dijual ternyata merupakan barang refurbished yang sebenarnya adalah blackberry dengan ‘jeroan’ lama, namun diganti casing luarnya dengan casing baru, sehingga terlihat seperti benar2 baru.

biasanya blackberry jenis ini dikenal sebagai blackberry 99% new, dan dijual dengan harga lebih rendah dari harga pasaran.

yang masalah adalah barang ini di’sebut’ sebagai barang baru (BNIB – Brand New In Box).

Nah, sebagai end user,tentu kita tidak mau tertipu, berikut ini adalah tips untuk mengetahui apakah blackberry yang akan kita beli adalah layak disebut baru atau tidak.

beberapa tips dibawah ini adalah tips general untuk melihat HANYA pada status yang ada di blackberry, terutama jika seller anda pun sebenarnya tidak mengerti bagaimana mengecheck hal ini.

catatan: fungsi dibawah hanya berfungsi untuk blackberry QWERTY (full keypad), pada BUYR untuk keypad QWERTZ, diganti BUZR.

1. Status apakah benar2 Brand New in Box (baru),

  • dari OPTION > STATUS
  • Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan BUYR
  • akan tampil Data Usage dan Voice Usage
  • jika data Usage melebihi 250K (exceeded 250K), sudah dapat dipastikan bukan barang baru
  • jika keterangan voice Usage: melebihi 1 Minute, sudah dapat dipastikan bukan barang baru

Keterangan:
Tips ini sebenarnya tips paling gampang diakali (dengan melakukan wipe JL_COMMAND maka data tereset nol kembali), namun sebagai user, kita bisa mengecheck secara cepat dengan cara ini untuk seller yang tidak mengerti blackberry yang mereka jual kepada kita.

2.  Status apakah UNLOCK/LOCKED

  • dari OPTION > Advanced Options > SIM CARD
  • ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan MEPD
  • pastikan seluruh value status:
  • SIM, network, network subset, service provider, Corporate dalam kondisi DISABLED
  • jika ada yang ENABLED, atau bahkan semuanya ENABLED, berarti status LOCKED

Keterangan:
Nah, ini adalah cara untuk mengetahui apakah blackberry yang kita beli dalam status LOCKED atau UNLOCKED, salah satu saja option berisi ENABLED, berarti Blackberry anda dalam kondisi LOCKED dan kemungkinan tidak bisa menggunakan SIMCARD telko disini. Memang bisa diunlocked, dengan membeli kode unlockednya, namun berarti anda harus mengeluarkan dana tambahan.

3.  Untuk check seluruh kondisi fisikal dan fungsi blackberry (butuh waktu banyak),

  • dari OPTION > STATUS
  • Ketikan dengan CAPSLOCK dinyalakan TEST
  • jalankan semua test (centang) dan NEXT.

Keterangan:
jika waktu anda banyak, anda dapat melakukan pengecheckan seluruh fungsi dari blackberry, mulai dari fungsi keypad, trackball dan suara, biasanya kalau seluruh test PASS, berarti blackberry anda dalam kondisi FIT (tidak bermasalah).

Gunakan tips diatas untuk mengecheck blackberry yang akan anda beli.p

pictures di bawah ini untuk membantu anda menemukan link detail yang saya share-kan diatas.

link Option - anda bisa gunakan huruf O sebagai shortcut

link Option - anda bisa gunakan huruf O sebagai shortcut

link menu status

link menu status

hasil dari check status BUYR

hasil dari check status BUYR

Menu untuk menjalankan TEST pada blackberry

Menu untuk menjalankan TEST pada blackberry

Menu Advanced Options

Menu Advanced Options

Menu SIMCARD di dalam pilihan Advanced Options

Menu SIMCARD di dalam pilihan Advanced Options

hasil status MEPD

hasil status MEPD

~ by celemotan on 7 April, 2009.

88 Responses to “Blackberry Tips – bagaimana Mengecheck blackberry yang kita beli?”

  1. Bro,..good thread..:)
    Saya mau tanya saya berencana beli ​ odin 9550, memang mungkin stok lama krn sudah tidak keluar lagi tapi katanya ada garansi berrindo, jd sedikit tenang..
    Yang mau saya tanyakan ada ga cara untuk mengecek ​ odin itu bener baru ato refurb seperti cara ketik “alt+shift+H, BUYR, MEPD” khusus untuk odin…
    Karena sudah browsing sana sini selalu nemunya trik kode tadi aja…apakah cara tesebut juga bisa dipakai di odin untuk cek status ​ atau ada cara lain khusus untuk odin untuk cek baru/refurb..mohon bantuannya…trims.

  2. boss..saya mau tanya nih. sy baca artikel soal BB, katanya dari nomor imei BB itu sendiri bisa keliatan BB tersebut di produksi di negara mana’ aja..bener ga tuh?? mohon pencerahannya… sblmnya sy ucapkan hatur tengkyu..

  3. Dear celemotan
    Boleh ikutan tanya g y?
    Saya baru saja membeli BB second pnya teman, masih bagus dan terawat…PIN dan IMEI cocok di dus,di dalam status BB, maupun di belakang baterai.
    Saya khan newbie dan buta bgtz soal BB, jadi saya utak atik BB nya. Saya iseng buka folder settingan, settingan email,trus ada macam-macam syarat dan ketentuan end user,trus konfirmasi BIS aktif. Apakah itu berbahaya? Teman saya dulu pakai kartu telkomsel, di tangan saya pakai indosat..
    Apakah headset saya terdaftar di dua operator tsbt?
    Klo terdaftar di dua operator trsbt, ntar di kira BB saya curian atau cloning dan akhirnya di suspend..
    Tolong diberikan pencerahan y.

  4. Bro, saya mau tanya.
    Saya pake 8520, dan setiap ngecharge pake charger gak mau naik prosentase baterenya (statusnya charging-nya nyala) tapi kalo pake kabel data ke komputer lancar.

    Saya sudah coba pake beberapa model charger, tetap gak ngisi, padahal, sampe di test juga sama orang counter HP.

    Kira kenapa dan bagaimana solusinya ya, bro? Terima kasih.

  5. Haii…,
    Sy ingin menanyakan ttg BB saya yg baru. Saya baru membeli BB Curve 8320, dan semua test yg ada diatas sudah sy lakukan. Dan hasilnya semuanya ok. tp knp untuk layanan blackberry nya tidak bs diaktifkan baik oleh operator Indosat maupun XL. Untk no imei 358264.04.662602.9 dan no pin 3005F029. Mohon bantuannya………..thx

    • bu Rina, jika benar bb anda type 8320 dan PIN anda berawalan 3xxxxxxx, maka dapat dipastikan bb anda adalah bb hasil clone.
      karena bb berawalan PIN 3xxxxxxx HANYA untuk bb dengan native CDMA seperti 8330, 8830 dlsb. pin GSM seharusnya berawalan 2xxxxxxx.

  6. Halo, boleh tanya yah. saya memakai BB sdh 5 bln. Ketika saya cek untuk MEPD, hasilnya Disable semua dan yang saya ingin tanyakan adalah “Pada Phone Number statusnya Unknown Number, apakah status demikian itu tidak masalah?

    Terima kasih

  7. Bro mau nanya dong, gue baru mau beli bb gemini 8520 , toko menjual dengan harga 1.250.000 , katanya sih made in canada, baru, dan ada garansi tam 2th, garansi tam itu apaan yaa? makasih infonya :)

  8. Mau tny bos software 5.0 OS bs gak buat 8320

  9. Bro mau tny !​ 8320 gw kok gak ada bhsa indonesia nya yah,berarti ​ w brng BM bkn yach.thanks atas infony

  10. bosss tolong mau nayna,anak saya dapat hibah BB Curve 8310 dari omnya,sudah reg ke Indosat, tapi GPRS/EDGE tetap huruf kecil jadi BBm dan lainn2nya tidak berfungsi,kalau kartu tidak masalah sdh coba di BB yang lain langsung bisa.dari indosat katanya PIN & IMEI tidak terdektsi pada system. mohon pencerahan biar bisa dipakai.thank’s

  11. [...] cek seluruh kondisi fisikal dan juga locked/unlocked ini infonya https://celemotan.wordpress.com/2009/…uyablackberry/ FOTO [...]

  12. sebelumnya saya mau ucapkan salut n terima kasih karena setlah membaca tanya jawab diatas akhirnya sedikit ngerti soal BB.. terima kasih banget and salut atas yang punya situs yang tak henti2nya ngejawab/bantuan rekan2 yang masih bingung..!!!
    saya ada beberapa pertanyaan seputar BB
    1. Kalo beli BB baru (bukan refurbis/bekas/ BM/dll) di situs luar negeri (situs terpercaya banget) apakah BBnya bisa di pake di Indonesia?
    2. BB yang saya maksudkan diatas (no.1)tadi adalah Baru/kosongan/asli, apakah bisa digunakan langsung menggunakan vendor telkomsel semudah kita pake hp yang lain. maksud saya apakah kita diharuskan ngurus unlocknya. RIM code atau semacamnya lagi ngak.?
    3. Jika memang bisa/atau tidak bisa, mohon kiat aman kita beli blackberry yang aman n bisa digunakan di indonesia secara online

    tolong tipsnya ya n trima kasih banyak sebelumnya !!!!

    • #1. jika statusnya unlocked, berarti bisa digunakan, jika locked, berarti anda harus membeli kode unlockednya
      #2. sama seperti jawaban#1
      #3. perbedaan harga tidak terlalu jauh, kecuali untuk produk baru yang di indonesia harganya bisa dilambungkan, pastikan jika dari luar anda membeli yang tidak terikat operator atau versi unlocked.

  13. bro sorri.. di SiM card gue ngelakuin petunjuk dari bro. tapi network gue inactive. kalo yang itu kenapa?? btw gue pake strom2 dan di menu awal di atas jam selalu ada tulisan “activation required”. tapi bis sudah aktif. gue bisa bbman dan fb dan semuanya. email sudah aktif juga.. mohon petunjuk nya bro.

    • bro Hans,
      apakah ada tulisan verizon/sprint dibawah storm 2 anda?
      jika ya, anda memiliki storm seri 9550, definitely anda membutuhkan activation code, mintalah kepada penjual storm2 anda.

  14. Bro numpang tanya dong baru kemaren ane beli onyx2 aka delta terus gw merasa kok ada masalah di keypadnya kadang sering keteken 2 kali misalkan mau tulis jika alhasil bisa jadi jikaaa. apakah emang bb gw bermasalah ato emang ada settingan yang belom gw paham trims feedbacknya

    • bos Eddy, coba klaim langsung ke vendor penjual atau penggaransinya. onyx2 banyak rekan2 memang mengalami cacat di keypad (yang keras), trackball yang miring posisinya, dan posisi atas yang melengkung (tertekan), 2 rekan saya mengalami salah satu problem diatas, dan untungnya bisa diclaim dan langsung dibenarkan tanpa charge dan 1 hari selesai.

  15. mau tanya kalo beli bb bm pinya bisa dipake buat bbm biasa tidak??

  16. terimakasih….atas bantuannya

  17. mau tanya nih,,kmrin aku beli bb curve 9300 tpi gda b.indonesianya,,kata penjualnya sih kalau pk OS.6 tdk support bahasa indonesia,,emang bener kaya gitu?
    kalau mau tmbah b.indonesianya gmna ya?soalnya aku kurang ngerti pake b.inngris..thnks

  18. makasih banyak buat info nya…sangat berguna
    ikutan tanya nih..
    1. apakah PIN BB itu melekat ke handheld BB? jika kita mau ganti BB, berarti kita kita ganti PIN juga?
    nah…klo yg ditawarkan oleh 3, katanya ganti BB tetep sama PIN nya

    2. klo mau beli BB 2nd, cara ngecek selain dari yang sudah diuraikan, apakah bisa di cek dengan memasukkan sim card kita yg sudah ada BB service nya?
    jika ya, langkah apa saja yg harus dilakukan?

    mohon pencerahan ya

    • bro setiabudi,
      #1. Ya. Pin melekat kepada handheld, jika ditawarkan PIN bisa dipindah2kan itu adalah tindakan illegal dan hanya masalah waktu handheld anda akan menjadi suspend. JANGAN mau dan tidak perlu mengandalkan PIN ‘cantik’.
      #2. Bisa, jika tanda signal berubah menjadi GPRS/EDGE/3G bb berarti untuk statusnya “mungkin” aman. cara paling aman: belilah di tempat yang dapat anda percaya dan memiliki tanggung jawab untuk bb yang bermasalah. jangan pilih hanya karena murah ya? ntar dapatnya bb murahan lagi :-)

  19. wah ini blog emang bagus… aku jadi banyak tau…

    bro, aku mau tanya apa bro ada pengalaman atau mungkin bisa sharing tentang playbook (yg notabene blm masuk indo secara resmi)? ada yang tawarin aku barang batam dengan garansi berrindo. yg aku tau dari testimoni, garansi berindo ini kurang begitu bagus.. apa bro ada pengalaman tentang playbook? plz sharing yah pada teman2 yang lain juga..

    • di Canada saja belum launching bro, bagaimana mungkin sudah ada itemnya?
      playbook launch paling cepat akhir tahun ini atau awal tahun depan. silakan check via youtube untuk experience dan first sharingnya..

  20. bro mau tny nih…
    saya punya bb bold tiba2 henk trus cabut baterai pas dipasang lagi malah gak bisa nyala sama sekali padahal baterainya masih full.
    kira2 apanya yah rusak???
    thanks atas infonya

  21. Bro, mohon pencerahan. Baru beli BB baru. Dah dipake sehari, udah download FB, YM, BBM-an, telp n sma. Cuma baru baca nih artikel. Ane coba ketik BUYR di option > Status. Data usage Exceeded 250 K, n voice usage 8 menitan. Kalo voice usage bisa ane telusuri, emang dari call history segitu. Tp kalo dari usage ga tau. Pertanyaan ane, tuh BB bener2 baru atau gimana? Apakah download FB, YM dan pemakaiannya bisa menambah data usage? Gimana sih data usage bisa bertambah? Jelasin ya

  22. bro mohon pencerahan:
    saya baru saja ingin membeli bb dari batam, javelin, harganya 2,3 juta. kira2 menurut mas nya gimana yah?, masalahnya saya buta BB, dan klo jadi beli ini pemakaian bb perdana saya..

  23. Hello newbie blackberry disini.

    Mau tanya saya beli Onyx belum ada seminggu tapi kenapa Voice Usage saya 1:03:50:47 yah???

    Bagaimana untuk membaca arti voice usage tersebut? Saya sampai kaget mengapa begitu banyak angka yang tertera di voice usage saya. Seingat saya, baru saya pakai sebanyak 10jam lebih.

    Terima kasih atas pencerahannya.

  24. Bro, gw beli BB onyx 2 hari yang lalu…trus pas di cek data usage-nya 77843.7K, dan voice usage-nya 20:46:47 (klo yg voice usage ini kok banyak banget ya?? itu jam:mins:secs ya??)
    Thanks before ya….

  25. bro,, mau tanya nih,,
    gw baru beli odin, dus masih segel berrindo bagus,,
    setelah dibuka gw cek pin+imei cocok di semua tmpt(tanpa cek BUYR)..
    smpr rmh baru sadar kalo buku panduannya punya bold, dan cd drivernya stlh gw install masih v4.6 pdhl dihpnya sudah os 5.,jadi ga mau detect(kan mestinya punya storm1 minimal v4.7)… apa itu barang recon ya?
    trs mac di dus sama dihpnya kok beda total ya?

    • bos surya, silakan claim ke toko tempat anda membeli, kemungkinan besar accesories diganti.
      soal mac address, saya banyak menemukan informasi dilabel dan body/inside berbeda, namun tidak bermasalah.
      storm hingga odyn harusnya memang OSnya start dari 4.7 dan 5.0 bukan 4.6.

      • thanks bro buat infonya.
        saya sudah claim tp bos tokonya jawab sekenanya,,soal cd katanya tinggal download aja digoogle cr dm yg terbaru.
        soal buku, katanya karna sudah saya bawa pulang beda 1 hari jadi toko tidak bisa dignti..T.T..
        oa ya mau tnya satu lagi, apa baterai odin sangat boros ya?
        jam 3 saya selesai charge(100%), kemudian buat bbm an full sampe jam 7(tanpa login msn dan ym) dengan signal 3G, baterai sisa 30%. itu termasuk normal apa drop ya?
        tq b4….

      • soal battery, memang di odyn lebih boros, consider screen lebih besar dan anda connect via 3G.
        coba bandingkan saat anda pilih 2G, untuk chatting via BBM tidak ada signifikansi kecepatan dengan anda men-set ke kanal 3G.

  26. bos tanya ni?gw install dr bb app trus bb gw jd lemot,gw hapus tp di MY SPACE msh ada tulisannya unistalled.gw mau yg unininstall itu hilang smua alias bersih.bgm caranya?trus aman ga sih install gratisan dr BB APP?thx anyway

  27. bro sy dpt barang bM blackberry onyx n made in canada ap tu pin ny ok??

  28. Hi, mohon infonya.
    Saya sudah mencoba cek dengan mengetikkan MEPD pada sim card.
    Tapi statusnya tidak sesuai.
    Di paling atas tertulis SIM CARD: Security Enabled
    Tetapi di bawahnya SIM, network, network subset, service provider, Corporate semua disabled.
    APakah artinya BB saya BB yang ilegal dan pernah di unlock atau bagaimana ya?
    Thanks before

  29. Hi, mohon infonya.
    Saya sudah mencoba cek dengan mengetikkan MEPD pada sim card.
    Tapi statusnya tidak sesuai.
    Di paling atas tertulis SIM CARD: Security Enabled
    Tetapi di bawahnya SIM, network, network subset, service provider, Corporate semua disabled.
    APakah artinya BB saya BB yang ilegal dan pernah di unlock atau bagaimana ya?

  30. Thanks bro tipsnya sy pengguna storm 1 klo mau beralih ke odyn ato storm2 kira kira bro punya tips Ga buat ngecheks thanks again bro….

    • wah, kalau sudah dari storm1 ke odyn harusnya tidak mengalami banyak perubahan ya bro..
      malah lebih asyik, karena surepressnya lebih baik. sayangnya OS odyn (baik 9520 maupun 9550 (native CDMA)) – masih bergumul untuk OS yang paling hemat memory dan battery.
      mungkin bisa coba cek ke forum2 luar negeri bro, karena pengguna odyn di indonesia masih terbatas.

  31. bRo help donk data & voice usage yg exceeded…….. bb gw serie 8700 & sudah pke jl commander buat reset data & voice usage tpi tetp aja blom bisa….!!! skrg BB gw budek aj kya hp biasa. tolong dong pencerahannya. gmn yah caranya biar BB gw bsa berjlan lancar lagii…..

    • bro Randy, apa hubungan data & voice usage exceeded dengan status BB anda yang tidak jalan ya?
      ini maksudnya 8700 anda dalam kondisi suspended? kalau iya, ya tidak ada cara untuk menghidupkannya bro,
      kecuali cara illegal.

  32. boss gue mo nanya nih…gue barusan beli ama colleague gue…katanya sich baru…en gue dah pake 2 ari buat bbm aja tapi data usagenya dah exceeded 250K…apakah ini bb second hand? kalo data exceeded 250K itu dah pake brapa lama ya? thanks atas infonya

    • sulit untuk mengetahui berapa besar penggunaan data anda dalam 2 hari, apalagi karena anda sudah menggunakan.
      makesure saja anda tetap mendapatkan support dari colleague anda, dan pastikan informasi PIN+IMEI di body belakang blackberry sama dengan di label box dan informasi status blackberry di option.

  33. Kalo toko nawarin garansi satu tahun, kira2 bs diyakinin itu barang bagus gak y?dipercaya gak?!

  34. kira2 bb BM tuh , pinx sll suspendend ga ceh ? aq bingung .

    • definisi BM apa tika?
      black market yang benar2 ‘gelap’ yang gak tahu asalnya dari mana?
      ya resiko, karena BM yang ada mungkin berasal dari barang curian,
      dan dapat di suspend.
      untuk amannya, beli dari recommmended seller yang terpercaya atau ke operator pilihan anda.
      jangan cepat tergiur dengan harga murah, harga murah – pasti ada ‘apa-apanya’..

  35. Mau tanya” nih..
    Mohon pencerahany y bro..
    Sy bli curve 8310 2nd dr bln april 2009 (distributor T-cell)
    Saat itu sy bnar” buta dengan yg nmany bb..
    Sy bli dr rekan sy..
    Lgsg ke problemny y..
    Imei di box dgn stiker body kurang 1 angka..
    Imei status dgn stiker body dan box smua berbeda jadiny..
    Piny jg berbeda dr status dan boxny..
    Tp BIS ny tetap jalan..
    Walaupun agak terputus”!
    Bukan hanya BIS sj,telp juga bgtu..
    Sinyal juga suka sos sendiri..
    Mnurut bro gmn ?
    apa bb sy itu termasuk golongan refurb?

    • JIka anda membeli BB bergaransi, seharusnya lebih bisa terpercaya, jika meragukan, silakan claim ke seller/distro anda untuk amannya, mumpung gransi belum habis.

  36. Bro waktu gw mau aktifasi BB gw lewat internet (www.indosat.blackberry.com) ini yang muncul :

    ” Cannot create account:

    This BlackBerry(R) device is not registered with your wireless service provider.
    Please register this device and verify that the URL of the current web site matches
    the one provided by your wireless service provider.”

    ini artinya PIN gw udah diapakai ma orang lain atw blm ya?tlong pencerahannya thanks

    • memang pertama kali gak bisa create account dari web bro..
      kudu dari email setting yang ada di handheld.
      coba masuk ke folder SETUP / Email setting, lalu pilih menu dan Create account.
      baru setelah itu anda bisa login via web.

  37. bos numpang tanya 5 hari yang lalu aku beli BB type curve 8900, all chechk is in good condition tp yang bikin aku ngak tenang waktu pada wktu mlm hrinya aku chek pakai BYUR record data : exceeded 250K (data) and exceeded 1,0 minutes (voice)padahal aku belum sempat telp atwpun OL.nah yang jd pertanyaan gw bos itu berarti BB gw hasil recon atw kagak ya? just info itu BB aku beli distore matahari smg dengan garansi ikut indosat…(katanya)

    • anda beli baru atau second? kalau beli baru, kedua data BUYR mungkin sudah berjalan karena untuk testing, tetapi harusnya tidak melewati exceeded. kecuali anda tanpa mengaktifkan BIS sudah mencoba online via TCP/IP atau APN operator.
      sejauh masih garansi operator (make sure ya?), PIN+IMEI anda pasti dijamin.

  38. Thanks bro atas semua informasinya, btw boleh gak mta alamat email biar bisa lebih puas tanya2 nya he he he ini alamat email saya tgh121212@yahoo.co.id soalnya saya penjual bb Bm yg buta soal bb, dan gak punya bb pula, karna saya cuma pihak ke 3 yg sering d repotkan oleh pembeli yaitu pihak ke 4, trims

    • lewat blog ini saja bro..
      supaya rekan2 lain juga bisa belajar..
      saya tidak sehebat yang anda pikirkan..
      sebagai awal, join pada milis yang khusus membahas blackberry, seperti id-blackberry, atau sesuai operator yang anda gunakan. jangan malas dengan berkata anda penjual yang tidak menggunakan bb, cari informasi yang diperlukan,sebelum anda mengalami masalah dan ditinggalkan customer.

  39. Help!!! Saya baru menggunakan BB saya 7 hari tapi voice usage saya udah 33,3 minutes dan data usagenya Exceeded 250 k apakah itu berarti hape saya adalah barang rekondisi?

    • anda bilang sudah menggunakan bb selama 7 hari, apakah anda memang menggunakan telepon kurang lebih seperti informasi voice usage? data exceeded 250K ya bakal tercapai kalau penggunaan email/messenger/browsing anda juga besar.

  40. Mau tanya neh…saya baru beli gemini seminggu yg lalu, pada kamis kemaren saya cek BUYR voice datanya 7 Jam-an, lalu hari ini saya cek lagi kok udah 16 Jam-an ya, saya jarang pake buat telpon…apakah itu normal? saya memang sering menggunakan BIS nya untuk update status di twitter dll,dan saya sering download applikasi…apakah itu berpengaruh?
    terima kasih

    • hmm..
      coba di complain ke seller anda, seharusnya tidak terjadi seperti itu..
      saya sudah menggunakan BB lebih dari 3 bulan namun record penggunaan telepon masih 1 jam, tanpa naik, karena memang jarang digunakan. BUYR merupakan catatan jam terbang data dan voice (telepon), seharusnya tidak berpengaruh kecuali data data anda yang exceeded.

  41. Sy echa,mau tnya2 neh. Klw bb javelin msh ada barunya gak y? Klw bli bb operator bs di pake operator lain gak? Thnk

    • javelin tentu masih ada brand new in boxnya mbak echa, kalaupun tidak anda temui biasanya stock habis..
      jika anda membeli blackberry dari operator A dan kemudian menggunakan kartu layanan operator B dan mengaktifkan layanan BIS operator B, maka status garansi blackberry anda hangus (pihak operator A dapat melakukan pengecheckan saat anda melakukan complain warranty).
      semoga membantu.

  42. mas mau tanya , barusan saya beli BB 8520 & saya udah chek BUYR n MEPD-nya oke semua, PIN+IMEI sama semua di 3 tempat , tapi koq code MAC-nya sedikit beda .. di 1 digit terakhir doang sih… apakah ini bisa bikin masalah, dan apa sih code MAC itu? tq

    • belinya di distributor ya bro?
      ya, kadang memang print out di label ada yang kecele 1-2 huruf:-)
      saya juga pernah mengalami, namun sampai saat ini tidak bermasalah..
      yang penting PIN+IMEI sama disemua lokasi.
      MAC biasanya adalah code identifkasi ID wifi anda, pada akses point tertentu, anda harus mendaftarkan mac ID anda untuk bisa melakukan koneksi dengan akses point tersebut, nah, info MAC tersebut yang diberikan kepada admin akses point.

      • betul, sy beli di distro.
        so far sih ga ada masalah , cm skrg sy jd ati2 bgt mau ngasih tau PIN even ke operator yg sy daftarin BIS-nya… he he he…
        gpp lah , ga pake wifi kan udah langganan BIS.
        lagian wifi banyakan dimall2 doang..

        thanks for ur responses bro..

  43. ola…mau nanya negh klo caranya beli BB second tp yang gak inject gimana ngeceknya??ada yang bilang di wipe aja?klo bisa jelasin asli fungsi wipe untuk apa sebenernya.makasih sebelumnya.^^

  44. bro..brarti beli bb yang aman yang resmi kerjasama dengan operator dong…???? apa gmana??? apa sama saja…??thanks

    • membeli blackberry via operator tidak menjamin blackberry anda tidak di suspend,
      namun, saat tersuspend karena PIN+IMEI# anda di clone, anda memiliki hak untuk menclaim kepada pihak RIM melalui operator anda. jadi, membeli via operator akan lebih tenang..

  45. It works, luckily it is not rekon, thanks for the tips bro:)

  46. Hi there,
    interesting blog :) I am Joe from Malaysia. Indeed, i have learnt a lot about BB from your blog. I just purchased my blackberry 8310. How to check whether it is an original or a recon handphone? I have tried the steps given but it did not work. When I check status BUYR by clicking on status, everything appeared except for the data usage and voice usage. Can you write in English as well i am not familiar with Indonesian language. Thanks bro :)

    • Hi Joe..
      - after you’re on Options > Status
      - type letter with holding SHIFT button B U Y R
      - after type, release all keyboard
      - you’ll see 2 more information (Data Usage and Voice usage)
      but after you use both (data+voice) a while, your blackberry status may be change with: exceeded 250K (data) and exceeded 60 minutes (voice).
      you have to use it BEFORE using/bought your blackberry for check:-)

  47. bro saya sudah kena tipu tuh saya beli bara second eh ternyata barang Recon… Saya sudah curiga waktu liat keypad tombol spacenya agak masalah… sebulan kemudian tombolnya bener bener ga fungsi… mungkin temen temen disini ada yang bisa bantu ga? kira kira masih bisa di service ga ya? soalnya sempet di buka di toko temen saya dia bilang diseluruh keypadnya penuh tembaga… saya ga ngerti… kalo di cabut semua fungsi keypadnya akan malfungsi… pusingg bb

    • hmm..
      anda belinya dimana? apakah di toko tertentu? jika ada garansi-lakukan claim.
      jika malfunction hanya karena kondisi keypad rusak dan bisa dibenarkan, coba datang main ke bengkelberry di mangga dua square. atau di Pisang (dengan rekan Hoesin) di lantai 2/3 Plaza semanggi.
      jika memang keypadnya sudah bermasalah sejak awal-bukan karena malfunction-terpaksa anda harus merelakan..

      • dari awal beli bro… orang toko temen saya bilangnya ICnya rusak… saya kurang ngerti apakah bisa dibenarkan atau tidak tapi… memang dari awal tadinya bisa ( walaupun suka ngadat ) tapi setelah 3 minggu keypadnya akhirnya ga fungsi

      • Pertanyaan saya masih seperti awal bro, apakah bergaransi? jika ya,minta tukar guling. namun jika dari awal anda sudah di state barang 99.9%-tanpa garansi, berarti anda kurang beruntung karena mendapatkan barang ‘hasil bongkar’.
        posisi anda dimana bos? kalau di jakarta, bisa main ke mangga 2 square dan cari Eddy (staffnya Made) di bengkelberry untuk pastinya.

  48. saya jg mw eli d pinang? dpt brg dr batam..ada saran gk?

  49. saya sangat gak ngerti n saya berada didaerah riau yang barang BM banyak sekali n gampang didapat dengan harga yang sangat murah..
    contohnya aja blackberry 8900 bisa dibeli dengan RP 1,5 juta murah kan..?
    setelah saya baca dari atas jika kita membeli blackberry kan katanya ada “PIN” dan kode2 yang lain untuk ngaktifkan fitur blackberry itu sendiri….yang saya tanyakan jika saya beli Blackberry di bagian mana saya bisa menemukan
    “PIN” dan kode kode tersebut….
    apakah pada kotaknya, atau ada semacam buku panduan yang berisi tentang “PIN” tersebut ato gmana
    mohon pencerahan….

    • PIN dapat anda temukan di 3 lokasi, pastikan saja PIN+IMEI di belakang body blackberry, di box dan di dalam OS blackberry (melalui shortcut alt+Shift+H) sama. hebat kalau harga jual yang anda dapat segitu, hanya berhati-hati saja membeli,ada harga pasti ada rupa biasanya bro..

      • Tq infonya bro, mo beli BB jadi harus lebih ati2 ya
        @ aj. tresna: beli di daerah riau tepatnya dimana? sapa tahu ada kesempatan ke riau bisa skalian belu
        tq

      • intinya bos Ronny,
        jangan mudah terpancing dengan info Handset dijual dengan harga murah..
        resikonya juga besar dan akan menyakitkan:-)

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

