How to recover ‘death’ memory card


Dear all..

sharing lagi ah..

last week, sempat kaget karena 2Gb Kingston memory saya collapse

saat berusaha di format ulang via SD adapter saya.

sempat bingung nyari di BEC bandung, gak ada yang jual lepasan SD adapter

yang saya curigai sudah rusak (dan mengakibatkan miniSD saya collapse).

Untung dipandu bos 9B via telepon (sorry bos menggangu waktu istirahat di hari minggu),

ketemu store yang menjual assesoris dan berbagai peripheral, termasuk miniSD.

sayangnya, again, SD card adapter untuk miniSD tidak tersedia.

so, karena udah kebelet pengen nyobain naik kereta ke WM 6.1, beli miniSD vgen 2Gb

dan cardreader.

meski sudah coba diakses via cardreader multifungsi, kingston 2Gb saya tetap

tidak terbaca dan tidak bisa di format.

langkah terakhir, coba contact support kingston via email.

dan ditanyakan serial number dan kronologi, saya jelaskan kronologinya dan minta

di share apakah ada softaware khusus yang bisa dicoba untuk merestore miniSD saya,

harapannya miniSD saya cuma matisuri he..he..he..

tech supportnya baik sekali dan punya nama yang agak funny: momo mao..

(sorry buat yang punya nama sama, cuma jadi ingat karakter kartun saat baca namanya he..he..),

beliau memberikan link tools berukuran 1.5Mb dari panasonic yang dapat

saya download dan coba restore.

singkat cerita, setelah di download, coba di install dan dijalankan di laptop XP pro saya,

software berat sekali di load dan seperti hang.

akhirnya saya nyerah,

bawa pulang kerumah, di rumah, kebetulan laptop adik saya yang vista edition yang punya SD card reader nganggur.

coba diinstall dan dijalankan, eh, aneh, miniSD cuma terbaca 979Mb..

ya namanya usaha, ya coba di flash dengan software tersebut.

selesai di flash, coba di format dengan format fat 32.

selesai, coba dimasukkan ke treo 750 saya, miniSD tidak terbaca sama sekali.

penasaran lagi, coba restart vistanya, coba flash lagi, kali ini aneh, tiba2 miniSD

terbaca 1.86Gb, dan berhasil di flash.

lalu buru2 saya format dengan FAT32 type, lalu iseng copy file foto beberapa biji.

unplug card dan coba masukin ke treo lagi..

and..

berhasil, kartu 2Gb saya berhasil ‘dibangunkan’.

So, sekarang punya 2-2Gb MiniSD, dan agak mubazir..

paling yang kartu 1 lagi diisi MP3/WMA/MP4 aja kali ya? He he he..

so, buat yang punya masalah dengan kartu memory anda,

coba flash dengan softaware panasonic,sebelum dianggap benaran mati total-saving time daripada claim.

kelihatannya software ini bisa untuk segala jenis kartu, cuma logonya adalah kartu SD.

semoga berguna.

link software: sdfv2003.exe

http://www.sdcard.org/about/downloads

(-/+ 2Mb size).

~ by celemotan on 10 July, 2008.

2 Responses to “How to recover ‘death’ memory card”

  1. kejadian yang hampir sama saya alami..
    ceritanya begini..

    mms pro duo saya udah penuh so niatnya saya mau pindahin ke laptop acer 5572-ku di sana kan tertulis bisa utk baca ini memori so langsung deh tak tancepin ke dalam..
    nah lo koq kaga mentok2. tak colokin makin dalam dah bles..
    biasanya kan utk ngeluarin cukup tekan aja lagi saya pikir sistemnya sama seperti di digicam… wusss.. asap ngebull dari card reader laptop saya itu.. panik dah gw tuch.. cari punya cari akhirnya dapat card reader yang lain.
    untungnya data saya itu engga satupun yang hilang.. tapi mms produo saya itu udah engga bisa untuk ditulis lagi.. di formatpun engga bisa..

    kira2 bisa engga ya dengan aplikasi sampean tadi ya?

  2. Nice article Bos Ferry,
    Mohon ijin unduh software-nya ya.
    Thanks a lot

Leave a Reply

 
