Memperpanjang STNK via Bus Keliling Polri


Hari ini, setelah mandi keringat, akhirnya bisa juga merasakan memperpanjang STNK boil yang segera berakhir awal APRIL 2008.

dari rumah udah siapin fotocopy STNK (2 biji), STNK Asli, KTP asli di clip dalam 1 map file, karena status boil adalah leasing dari ACC, which is BPKB ditahan pihak Leasing hingga proses pembayaran selesai, maka perlu meminta fotocopy BPKB & surat keterangan leasing.

Pagi jam 7.35 saya sudah nongkrong di ACC kwitang (kalau dari arah senin, di sisi kiri kurang lebih 100 meter, ada logo gede dan banyak penukar dollar sepanjang jalan).

Parkir di bawah, lalu naik ke lantai 2 dan engambil daftar antrian elektronic, sempat kaget kok #600? apa karena datang kepagian jadi mesin counter elum di-reset? karena masih kosong ya iseng duduk sambil check email he..he..

menjelang pukul 08.00 (07.55) sang Customer Service memanggil #600, wah, keren, karena udah ada yang nunggu CS ACC segera open tanpa menunggu waktu jam 08.00, akhirnya duduk dan menjelaskan keinginan, diminta menunjukan STNK ASLI, membayar biaya administrasi Rp 10.000 (ada bukti bayar), lalu sang CS membuat surat keterangan leasing sesuai format yang ada, namun karena BPKB tersimpan di ACC kelapa Gading, maka saya diminta menunggu lebih kurang 25menit untuk mendapatkan fax BPKB dari ACC Kelapa Gading.

Sambil baca email tersisa dan bolak-balik SWA terbaru nongkrong di kursi tunggu, pas jam 08.00 sudah ada 3 customer ACC yang datang juga.

Pas dipanggil, surat keterangan leasing selesai dibuat dan ada selipan BPKB, setelah di check cocok informasinya dengan STNK, maka saya mengucapkan terima kasih dan ke parkiran.

pas dibawah, baru keingat kalau KTP belum di fotocopy, eh, cari di sekitar ACC gak ada tukang fotocopy, lalu jalan aja sambil mikir di sekitar gajahmada pasti ada, benaran aja, saat jalan ke arah Gedung Arsip di Gajahmada (kebetulan bus keliling polri sedang nongkrong di sana hari ini), menjelang Gedung gramedia ada tukang photocopy, copy 2 biji dengan total damage cost Rp 1.000.

lalu langsung parkir di sekitar gedung arsip pas di samping bus keliling Polri, pas nyampe disana udah jam 09.00, kondisi sudah rame, karena baru pertama kali ya bingung, mulainya darimana?

Lalu baru ingat dari blog yang saya baca (http://mbot.multiply.com/journal/item/148), kalau proses pertama adalah mengambil Form Permohonan STNK dan mengisinya.
Form dibagikan gratis oleh petugas yang ada di depan bus keliling khusus STNK (btw, di dekatnya juga ada bus yang khusus untuk memperpanjang SIM), lalu mulai deh mengisi form tersebut.

Meja contoh untuk melihat field2 apa saja yang harus diisi di form perpanjangan STNK

Keterangan foto: Meja pengisian form yang dilengkapi lembaran contoh isian

field yang harus diisi sebenarnya cukup halaman depan saja, isinya seperti ada yang perlu di bulatin/check dan ada yang diisi, yang pasti gak ada multiple choices la yaww, itu mah ujian he..he.. :

  1. Jenis Surat (Diisi STNK)
  2. Jenis Permohonan (disi #2 Perpanjangan)
  3. Nomor Polisi:
  4. Identifikasi pemilik (01. Pribadi Indonesia)
  5. Nama lengkap pemilik
  6. Kebangsaan Pemilik
  7. Alamat Pemilik
  8. Kode post
  9. Jenis / Model
  10. Fungsi (01. Perorangan)
  11. Bahan bakar (1. Bensin 2. Solar 3. Gas 4. Lain-lain)
  12. Negara Asal Pembuatan Kendaraan
  13. Merk/Type
  14. Tahun Pembuatan
  15. Tahun Perakitan
  16. Isi Silinder / CC /HP
  17. Nomor Rangka / NIK
  18. Nomor Mesin

Nah, pembelajarannya disini siapin Data pribadi seperti KTP dan STNKnya,
karena semua informasi ada di KTP dan STNK (emang ada yang hapal nomor rangka boilnya?), dibawah ini saya tampilkan gambar form perpanjangan STNK,oh ya, form bagian belakang gak perlu diisi pada bagian detil, cukup mencantumkan nama, tanggal dan tanda tangan.

Form Perpanjangan STNK tampak Depan
Form Perpanjangan STNK tampak belakang

Keterangan gambar: Form Perpanjangan STNK bolak-balik-hanya untuk contoh ya..

Lalu setelah form diisi, saya satukan dengan Fotocopy KTP, Fotocopy STNK, surat leasing yang tadi diambil di ACC, KTP asli, lalu ngantri di sisi kiri mobil dan nunggu giliran, saat sampai giliran saya, baru ketahuan bahwa fotocopy PKB belum di legalisir, diminta ama polisinya di legalisir dulu, damn! terpaksa balik deh..
untung Gajahmada ke Kwitang gak terlalu jauh.

Pas nyampe ACC lagi, gak ketemu ama CS yang melayani tadi, ambil nomor antrian lalu ke WC (kebelet booo..), saat kembali, si CS udah di tempat, setelah say sorry karena nyerobot, minta tolong untuk dilengkapi dengan cap ACC dan tanda tangan sang CS, menurut beliau biasanya gak perlu cap legalisasi, ya, memang jatah saya aja kali ini dapat
polisi yang tegas – gak ah, pasti memang betul sang polisilah, butuh legalitas buat document copian yang diberikan, etelah berbasa-basi, langsung ngebut lagi ke Gedung Arsip.

1 set document untuk perpanjangan STNKSampai disana jam udah menunjukan pukul 10.10, setelah nyatuin semua document dan recheck langsung ngantri terus di check lagi ama sang polisi, dan kali ini disetujui, diberikan nomor antrian #8, lalu nongkrong di sebelah lobby pembayaran.

Keterangan gambar: 1 bundle lengkap untuk perpanjangan stnk-klik for details.

Saat nongkrong lumayan menyebalkan, karena disana-sini pada ngerokok dan ngebul seenaknya..
wah, tersiksa juga sih, karena udara mulai panas, gak ada tempat duduk (terisi penuh) dan penuh asap.

nunggu 10 menit eh, dipanggil dan diberikan lembar penagihan STNK yang tertotal sejumlah rupiah, geser sedikit ke loket pembayaran lalu melakukan pembayaran, lalu diberikan bukti lembar penagihan yang sudah dicetak lunas.
nunggu lagi deh.

Eh, nunggu gak sampai 10 menit dipanggil lagi, kali ini, diberikan STNK yang baru dan KTP asli saya.

Total waktu kurang lebih 30 Menit termasuk antrinya.

Wuih, senang juga, gak sia2 bercape-cape, cuma setengah jam nunggu STNK selesai.

Pembelajaran:

  1. Buat yang mau memperpanjang STNK, jangan lupa fotocopy document (2x aja buat jaga-jaga), fotocopy yang diperlukan STNK, KTP dan BPKB, kalau yang kendaraannya leasing, musti minta ke kantor leasing surat keterangan leasing dan fotocopy BPKB (ingat di cap perusahaan itu dan ditandatangani ya, jangan sampai bolak-balik seperti saya).
    pintu fotocopy bus keliling

    Keterangan gambar: Pintu depan bus tersedia petugas yang membantu fotocopy.

    Oh ya, di mobil keliling ini juga ada fasilitas fotocopy kok, 1 paket semuanya (fotocopy ktp,stnk dan bpkb) dikenakan Rp 3000. Cuma ya jangan jadikan utama, khawatir mesin fotocopynya rusak saat anda datang, kan berabe kudu keliling nyari-nyari lagi tempat fotocopy.

  2. Siapkan uang pas, supaya mempermudah saat melakukan pembayaran.
  3. nomor kontak bus keliling polriPastikan check ke informasi polisi seperti radio Elshinta dan nomor telepon 021-5276001 untuk mendapatkan kepastian lokasi mobil keliling ini. di setiap kotamadya ada satu, namun kadang mesin operational ada yang rusak, sehingga kudu jaga2 kalau memang rusak kita beralih ke tempat terdekat dimana.
  4. Pas disana, masih lihat ada calo2 juga, cuma memang pada gak nawarin sih, cuma ketahuan kalau mereka memperpanjang STNK orang lain, ya sebodohlah, namanya orang cari rejeki ya.
  5. Buat yang pengen mencoba, gampang kok caranya, dan yang pasti pembayaran sesuai dengan jumlah tertera di STNK yang kita terima, paling tambah damage cost buat parkir, dan minuman kalau mau beli.
  6. Ada concern juga, saat disana, ga ada tong sampah sama sekali, padahal banyak orang yang kebingungan untuk membuat bekas straples dan kertas-kertas yang tidak digunakan, jadinya jorok banget, buat pak Polisi, sekedar saran mungkin bisa diletakan tong sampah sehingga gak membuat lokasi menjadi kotor.
  7. lokasi pengembalian form perpanjangan STNKloket pembayaran dan pengambilanSaat Proses, sebenarnya sempat bingung, kenapa masih ada proses 3x (yaitu penyerahan kelengkapan document, lalu pengambilan form tagihan dan melakukan pembayaran), akibatnya orang kudu antri 2-3 kali. padahal, kalau dilihat, mungkin lebih gampang jadi 1 kali antrian saja, 1 orang diproses dari mulai tahap penyerahan document lalu ditagih dan bayar ditempat lalu selesai print stnk baru, jadinya leadtime proses lebih singkat lagi..
    saran saja buat pak polisi, leadtime proses mungkin bisa dipercepat dengan improvement dibagian ini ya pak..

Senangnya karena total damage cost gak terlalu besar dan bisa memperpanjang STNK secara mandiri (baca: joejoer gitu loh..), andai pembuatan KTP, SIM, Passport dan berbagai document tetek bengek bisa semudah ini ya, senang deh korupsi bisa ditekan.

Moga-moga mimpi ini cepat terwujud, anyway, salut buat Polri, sudah membuat masyarakat Jabotabek khususnya lebih mudah dan minim korupsi.

~ by celemotan on 18 March, 2008.

6 Responses to “Memperpanjang STNK via Bus Keliling Polri”

  1. Klo KTP/ID pada STNK di JAKTIM, apa bisa memperpanjang STNK di JAKPUS? Tks

  2. Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

    cheers, Triple.

  3. kalo di mal artha gading, calo nya malah disenggol liwat megaphone nya
    “mas xxxx, gimana kabarnya maaas? tumben kesini cari siapaa?”

    hahahahaha

    enyway, cepat dan tak bertele2 serta petugasnya sangat membantu. dan yang antri juga tertib. jauh banget suasananya dengan samsat huhuhu

  4. btw, sekedar nambahin..
    jika ingin tahu status lokasi bus keliling, dapat menghubungi
    informasi di bawah ini:
    =================
    Untuk Informasi adanya perubahan jadwal ataupun adanya gangguan pelayanan silahkan hubungi :
    Traffic Management Center (TMC)
    Dit Lantas Polda Metro Jaya
    telp. 021-5276001
    fax. 021-5275090
    sms. 1717 (isi message terserah anda)
    email: lantaspmj@yahoo.co.id

  5. Hi Sisi, sayangnya baru tersedia di Jakarta, semoga cepat diadopsi oleh lembaga pemerintah lain dan benar lebih menyebar ke seluruh indonesia

  6. ***** *****… ********, hehehe…
    Bener, coba ya bikin SIM atau STNK baru bisa begitu, kan gampang tuh..
    Btw di Bandung ada dimana ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: