Kuiz berhadiah Asus EEE-PC


ASUS eee-pcWell, ikut milis gadtorade gak ada ruginya, sering kali teman-teman dari milis mengadakan acara yang heboh dan seru, salah satunya idea dari bos HSW dengan XL blackberry, mengadakan kuiz berhadiah 1 buah Asus EEE-PC 4G yang sedang booming itu. Kuiznya sederhana, kita tinggal mengarang berdasarkan 3 kriteria yang ada, dan hasil karangan tersebut diuji oleh bos HSW dan XL untuk mencari 18 Pemenang, termasuk 1 pemenang utama Asus EEE-PC.

Berikut ini adalah daftar para pemenang dan tulisan karangan mereka, detil karangan lain dapat anda simak di http://ponselmu.com/2008/01/30/mau-asus-eee-gratis, seru dan lutju loh.

* 10 PEMENANG AGENDA EKSKLUSIF BLACKBERRY XL

  1. Ricky Antonio
  2. Pengalaman Tak Terlupakan Bersama BlackBerry

    Masih terlintas dengan segar didalam ingatanku, setahun sudah saya menggunakan blackberry. sudah banyak jenis blackberry yang saya pakai, mulai dari 7230, 7290, 8700, 8800, 8310, 8320, 8820 dan 8100. Seri 8100 termasuk yang paling lama telah menemani saya, karena cocok dengan saya. Soulmate.

    Dulu, sebelum menggunakan blackberry, saya termasuk orang yang agak susah diajak keluar rumah atau kantor, kenapa ? karena saya tidak mau ketinggal sedetik pun informasi dan email dari dunia internet. Karena bagi saya dunia online adalah teman yang mengasikkan yang bisa menambah wawasan kita melebihi wawasan yang kita peroleh secara offline.

    Sampai suatu ketika saya diajak menjadi salah satu narasumber pada talkshow di sebuah radio, kebetulan waktu itu Om HSW yang mengajak saya.

    Dipamerkanlah blackberry 8707v om HSW kepada saya. Setelah Pegang, coba, timang, wow aliran darah mengalir dengan deras sampai ke ubun ubun. “ini racun” waduh gimana ini ? dimana saya bisa cari penawar racun ini ?” Pada saat itu susah sekali didapat, harus indent. Musti cari cara ini buat penawar racun ini.

    Singkat cerita dapatlah saya penawar racun itu. Walau kondisi blackberry 7230 yang saya dapat bekas perang, saya gembira sekali waktu itu, sulit ditulis dengan kata kata, seperti ketemu dengan kekasih yang lama tidak bertemu.

    Setelah blackberry saya ON dengan tulisan GPRS, hati ini senang bukan kepalang. Saya sekarang bisa kemana mana sesuka saya, tidak lagi terkekang oleh tempat dan waktu. Dan informasi dari dunia maya begitu mudah saya peroleh hanya dari sebuah alat yang dinamakan Blackberry.

    Terima kasih RIM, telah menciptakan gadget yang bisa bikin saya merasakan nikmatnya hidup didua alam. Alam nyata dan alam maya.

    Ditulis oleh Ricky Antonio
    Domisi di Surabaya

  3. Alvin
  4. Mengapa Saya Tidak Ber-BlackBerry

    Teringat sama jargon yang sering kita denger “Kalo bisa dipersulit kenapa di bikin mudah”, jangan sampai kita ngikutin jargon tersebut dengan memakai blackberry, pada prinsipnya blackberry ada mempermudah kita, tapi ada beberapa orang yang justru jadi sulit gara gara blackberry, malah ada sebagian orang yang dibilang kena autis gara gara blackberry.
    Coba kita ingat lagi sebelum ada yang namanya Handphone, hidup biasa aja tuh tidak merasa sulit tanpa Handphone, tapi sekarang ada yang gara gara ketinggalan Handphone seolah olah tidak bisa berbuat apa apa, mungkin sebentar lagi akan ada jaman dimana semua orang merasa kehilangan dan tidak bisa berbuat apa apa kalo blackberrynya ketinggalan.
    Buat saya Blackberry ada karena tuntutan perkembangan teknologi dan untuk memudahkan para kaum yang super sibuk hingga segala sesuatu harus uptodate
    Bersyukur juga sih berkembangan telekomunikasi berkembang demikian pesat hingga sangat memudahkan para penggunanya, tapi karena pengguna blackberry belum sebanyak pengguna handphone biasa rasanya belum sangat penting bila saya belum memakai blackberry, entah kalo nanti….

    Alvin
    Bandung

  5. Yansen
  6. Kalau Saya Menjadi Manajer Pemasaran Blackberry

    Target gue jelass… pertama sekali itu :

    Perusahaan
    contoh.. perusahaan asuransi / MLM, kan leader-leader pada butuh sampaiin informasi ke agent/anak buahnya (group messaging).. nah, sebagai saingan SMS, buat dong tarif-nya yg lebih reasonable, 50.000-/bulan dengan kapasitas yg lebih kecil, lebih dari cukup buat nyampaiin berita-berita singkat.

    Nah.. terus image yg sekarang ini bagi pemegang bb:

    Eksmud (eksekutif muda)
    Office on your hand.

    Seterusnya…
    anak muda (ngajarin gaul..)
    bayangin bisa ngerumpi dengan teman se-geng dengan biaya irit?? ngapain lg sms.. (harganya disesuaikan juga)

    Teruss…

    Bikin semacam content provider, misalnya dengan berlangganan blackberry, kita bisa berlangganan informasi marketing, property, berita aktual dan sebagainya yang dikirimkan ke email kita (lebih hemat dari sms kan??)

    Terus, bercermin dari permasalahan sekarang masalahnya mungkin dari sisi harga & ketersediaan handset, bisa ga ya ogut datangin handset refurbished, membanjirnya handset mempengaruhi lor, sekarang ini kan yg dikenal masyarakat umum cuma nokia,SE,moto,dkk..

    Yansen@Medan

  7. Ju Ming
  8. Mengapa tidak ber Blackberry, jawabannya cukup banyak, tapi yang pasti:
    1. Biaya langganan mahal
    2. Handheld RIM BB mahal
    3. Ribet soalnya jadi ketambahan 1 unit alat komunikasi lagi
    4. Layanan operator disini masih belum stabil dan coveragenya masih kacau.

    Kalau saya jadi operator buah telecom yang pasti dilakukan pertama adalah:
    1. Pembenahan bandwidth, coverage, dan stabilitas, at least uptime 99% dalam 1 tahun tercapai,dan coverage merata tidak bolong-bolong

    2. Menyediakan paket termurah, misal 50 rb untuk 25 MB (25 MB di BB gede kan) atau paket 25 rb untuk 20 MB dengan catatan mesti terikat kontak minimal 1 tahun, dan pembayaran via auto debet (ini syarat dan ketentuan berlaku deh)😀

    3. Menyediakan bundle dengan handset yang disubsidi, tentunya dengan syarat dan ketentuan berlaku pula seperti misalnya terikat kontrak 2 tahun dan auto debet dan lain sebagainya.

    4. Memfasilitasi perkumpulan-perkumpulan untuk membuat corporate account misalnya Gadtorade member bisa apply baik paket BB murah atau paket bundling dengan harga khusus lagi (ini sponsornya dari telecom deh kayaknya)😀

    5. Paket BB bisa digabungkan dengan paket-paket lain seperti misalnya paket flatrate atau paket 1 GB or 3 GB, karena secara teori bisa menggunakan APN berbeda untuk mengatasi sistem billingnya.

    6. Menggalang kerjasama roaming agreement lokal dengan operator lain in case misalnya untuk memeratakan coverage tidak sanggup, jadi pengguna kartu operator A bisa pakai jaringan B, dengan begini selain coverage BB teratasi, juga coverage voice juga jalan dengan baik.

    Ju Ming
    Surabaya
    (Eh boleh ikut kan ?)

  9. Fransisca Kurniawan
  10. Mengapa ya saya tidak terinfeksi demam BB ??
    Alasannya dapat dikupas dari berbagai sudut pandang. Saya rinci satu per satu ya. Tapi harap dicatat ini hanya pendapat saya aja. Kalau ada yang baca dan jadi terpengaruh, bukan tanggung jawab saya lho! Alasannya :
    1. Sudut pandang ekonomi
    Pasti banget semua orang punya prioritas hidup yang lebih penting dibanding memiliki BB. Harga devicenya tergolong mahal! (pasti setuju kan?) Belum lagi biaya langganannya. Padahal belum tentu layanannya memuaskan. Padahal HP nokia dengan harga sama udah cukup canggih.
    2. Sudut pandang kesehatan
    Kesehatan itu penting banget lho! Apalah artinya punya BB kalau kesehatan terancam? Yang paling terancam adalah kesehatan mata. Jereng tuh kalau kebanyakan melototin layar BB. Minus bias bertambah, secara tulisannya kecil2.
    Yang juga terancam adalah syaraf jari-jari tangan. Kebanyakan ngetik, lama-lama jempol bisa kaku.
    Syaraf bahu bisa terganggu karena mesti bawa tas yang super gede yang bisa memuat HP GSM, HP CDMA, dan HP BB, plus dompet, make-up, kunci, dll, dsb, yang keberadaannya juga gak kalah penting.
    Ternyata kewarasan kita juga bisa terancam! Secara (dari pengamatan saya ke beberapa kenalan yang pakai BB) suka ketawa-ketawa sendiri sambil liat HP.
    3. Sudut pandang sosial
    Sepertinya lebih asik kalo bergaul langsung ketemu face to face dengan teman-teman kita deh! Bisa gossip langsung, ketemu langsung, dengan berbagai ekspresi dan emosi yang bisa langsung diungkapkan. Mau bisik-bisik, nangis, ngakak, pelukan, bisa langsung tersampaikan. Kalo hanya lewat BB kan gak mungkin ungkapin emosi sebanyak ketemu langsung.

    Itulah beberapa alasan utama mengapa saya gak ikutan pakai BB. Lebih hemat dan sehat! Mendingan punya ASUS EEE yang cantik dan fungsinya gak cuma e-mail2an. Layar cukup besar, tapi gak seberat laptop biasa. Lebih praktis dan ekonomis.

    Fransisca Kurniawan
    Jakarta

  11. Irene Wiguna
  12. Pengalaman bersama blackberry.

    Awalnya saya sih ga kepikiran sama sekali pake bb.sampe suatu saat ada seorang teman yg ngusulin.setelah lihat2 fitur nya di web saya jadi tertarik.. Sangking ga tahannya pengen beli saya sampe bela2in transfer pake m bankin dari negri china supaya kalo balik indo gadget saya udah ada di depan mata. Setelah makai beberapa lama waaah tyt ga bisa lepas bo!!pagi bangun ngeliati bb,ketoilet dibawa juga,mau tidur seperti skr ini masih aja mainin nih bberry.sampe sodara marapun saya paksa pake bb. Lumayan kan irit pulsa buat sms hehe.sampai ngefansnya sama bb .. Sahamnya pun ikut kubeli.. Dan ternyata untung besaaaaar.saya sih ga inget tipe bb saya apa yg jelas kata si penjual tipe yg ini tahan banting ( apalg saya orgnya emang sradak sruduk).di pakai sama tentara amrik sono. Kalo ga salah tipenya 8800 kali ya.. Kalo salah jgn protes ya..mo nyari tipenya di balik batre taku tulisan saya ilang hehe.apalg saya punya web belanja waaah berguna bgt deh tiap ada order lgs bisa diproses dimana aja kapan aja.jd ga takut custimer tercinta protes.kalo lg keluar kota atau ke luarnegri hubungan dgn karyawan tetap bisa dilakukan lewat chating.tanpa mesti keluarin biaya lagi.pokoknya sejak pakai bb hidup jadi makin mudah deh.

    Irene
    Mataram,lombok

  13. M. Mauludin Latif
  14. Andaikan Saya Jadi Manajer Pemasaran Layanan BlackBerry

    Untuk bisa lebih banyak menjaring pelanggan BB, saya akan menambahkan lini produk baru dengan tagline “Gratis Terima Email Kapan Saja Dimana Saja dengan Blackberry”.

    Kurang lebih produk baru ini mengusung konsep sebagai berikut :
    Pelanggan BB digratiskan dari biaya apapun untuk dapat menggunakan layanan BB (sabar.. jangan komentar dulu..) Lantas darimana dapat duitnya kalau gratis?

    Dapat duitnya dari IKLAN (Kok bisa?? coba ikuti penjelasan berikutnya)

    Pertama kita harus aware bahwa ponsel itu identik dg satu orang, berbeda dg komputer yg bisa digunakan bersama, so seharusnya iklan di ponsel itu akan sangat bersifat personal dan tepat sasaran.

    Kembali soal email gratis, jadi fasilitas gratis ini berupa setiap pelanggan mendapat jatah (kuota) +- 100 MB/bln yg tdk akan dikenakan biaya, jika melewati kuota tsb. otomatis pelanggan akan kena charge (tentunya ini dibarengi dengan kemudahan pelanggan utk mendapatkan informasi penggunaan jatahnya). Juga agar lebih menarik lagi, pelanggan juga mendapat jatah nelpon gratis selama 50 menit/bln, sama halnya dg yg tadi, jika melewati batas tsb. ya pelanggan akan kena charge.

    Untuk bisa mendapatkan layanan email dan nelpon gratis ini, pelanggan harus bersedia menerima EMAIL IKLAN yang dikirimkan oleh Buah Telecom (dikirim 2 kali sehari, setiap email iklan besarnya kurang dari 20 Kb, dapat berisi gambar, sehingga total sebulan 1,2 MB).

    Sebelumnya, saat mendaftar layanan ini, pelanggan diberi form isian berupa iklan apa yg bersedia dia terima agar tidak menjadi spam buat dia, misal klo kyk saya ini suka iklan tentang gadget (meski gak punya uang buat belinya.. hehehe), iklan yg berupa diskon shopping atau diskon tempat makan juga OK. Kalau memang teknologi-nya memungkinkan, iklan itu dikirim saat pelanggan berada di dekat tempat shopping atau tempat makan tsb agar langsung terjadi transaksi jual beli, dengan begitu meningkatkan penjualan si pemasang iklan.

    Sekarang tinggal menentukan model pengiklan memasang email iklan, ada beberapa ide :
    1. berdasar durasi waktu (iklan dari pengiklan akan dikirim selama rentang waktu tertentu misal selama satu minggu, beda-beda isi iklannya),
    2. berdasar banyaknya pelanggan yang disasar (iklan dari pengiklan akan dikirim ke sebagian pengguna saja dengan kriteria tambahan tertentu yg tentunya masih sesuai dengan keinginan pelanggan saat mendaftar),
    3. berdasar jumlah email yang dikirim (iklan dari pengiklan akan dikirim sebanyak n email),
    4. berdasar waktu pengiriman iklan (iklan dikirim secara fix sesuai jadwal, atau dikirim ketika pelanggan berada di suatu lokasi yg berdekatan dengan pengiklan),
    5. berdasar email yg dibuka oleh pelanggan (pengiklan tinggal membeli paket-paket iklan, paket itu akan berkurang jika pelanggan membuka email iklan).

    Selain itu sistem Buah Telecom juga harus bisa mencatat perilaku pelanggan terhadap email iklan ini, misal shopping centre A mengiklan diskon beberapa barang dengan jumlah email iklan 1000, email ini dikirimkan ke 1000 pelanggan BB, dari sekian pelanggan tersebut 350 orang melakukan transaksi di shopping centre A dengan menggunakan email diskon, laporan ini disampaikan ke pengiklan (dengan biaya tambahan donk), sehingga pengiklan bisa membandingkan keefektifan iklannya dibanding media lain.

    Nah sekarang tinggal menentukan biaya yang harus dibayar oleh pengiklan, intinya pendapatan dari pengiklan harus cukup untuk menutup biaya operasional layanan baru ini dan menambah keuntungan.

    Oia masih ada satu yg kurang soal device, sangat menyenangkan jika terdapat juga fasilitas kredit bagi pelanggan, cukup kerjasama dengan perusahaan yg menangani perkreditan, beres deh.

    salam
    M. Mauludin Latif
    Bandung

  15. Wiwi Sachli
  16. Andaikan Saya Jadi Manajer Pemasaran Layanan BlackBerry

    Kalau dari faktor harga, sebetulnya harga langganan BB di Indonesia itu sudah tergolong yang murah. Jadi kalau mau jadi lebih murah, sebetulnya itu ada faktor “subsidi” nya juga. Cuma mungkin org menganggap itu jadi mahal krn tidak tau atau belum mengerti gunanya untuk dirinya. Karena itu strategi yang ingin saya terapkan utk pemasaran Blackberry adalah sbb:

    1. Utk pengguna paska bayar. Targetnya adalah utk tingkat korporasi dan busines people. Buat paket langganan yg menarik plus bonus utk pelanggan setia. Dan juga keamanan tagihan dlm penggunaan. Dengan berlangganan 200rb per bulan, pelanggan mendapatkan unlimited blackberry APN, plus 120MB utk APN operator. Ini adalah paket standar. plus gratis 15 SMS keseluruh operator.
    Dan paket BB ini bisa digabung dengan paket lainnya.. Bila berlangganan langsung utk 1 tahun, cukup membayar 10 bulan saja.

    Paket Road Warrior: untuk yang sering bepergian keluar negeri, ada paket semacam pra bayar. Kita bisa menjatah setiap hari sebesar Rp 25rb-50rb/hari penggunaan BB nya. Sehingga yg bepergian keluar negeri, saat pulang tidak akan terkaget2 dengan jumlah tagihan. Tentunya ini dengan kerjasama operator di negera tersebut. Dan tujuan perjalanan harus dilaporkan dahulu sebelum keberangkatan. Juga tabel rate tiap negara yg operatornya bekerja sama, dapat di pantau secara online dan terbuka. Untuk registrasinya dilakukan via email. Jd bisa dikirim kapan saja dimana saja.

    Paket Internet user.: Dengan menambah 120rb lagi. pengguna dapat jatah quota APN operator sebesar 700MB. Sehingga BB ini bisa digunakan untuk tethered modem dengan leluasa.

    Paket Mobile Business: Dengan menambah sekitar 50-100rb (mungkin, krn nga bisa perkiraan harga juga). Ditambah fasilitas, email to Fax dan Fax to email. (nah kalo ini ada, jamin deh bnyk business people mau)

    Paket Free Handset: Dengan kontrak pemakaian selama 1-2 tahun, pengguna bisa mendapatkan free handset. Harga diperhitungkan kemudian sesuai dengan harga pasaran handset.

    Paket Sewa Handset: Pelanggan yang belum memiliki handset, bisa menyewa handset yang ada. Yang pasti dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Kondisi waktu kembali harus dalam keadaan yang tetap baik. Untuk sistem sewa ini hanya berlaku utk korporasi yang memerlukan. Tidak untuk perseorangan. Untuk mengurangi kemungkinan fraud.

    2. Untuk pengguna pra bayar. Targetnya utk para anak muda dan yang lainnya. Sebagai alat pergaulan.
    Untuk mengaktifkan layanan BB ini, cukup membeli pulsa reguler minimal 100rb, lalu kirim sms utk mengaktifkan. Langganannya adalah 100rb/30 hari. Selain mendapat layanan BB ini, user mendapat gratis SMS sebanyak 30 buah/hari ke sesama operator.

    Untuk GPRS nya, bila sudah berlangganan BB, bila tanpa beli paket (token), rate utk GPRS nya Rp 2/KB. Bila membeli token (juga via SMS) dengan Rp 25rb mendapat 20MB, Rp 50rb mendapat 50 MB, Rp 75rb dapet 100MB.
    Selain Token GPRS, user dapat pula membeli fasilitas lain. yaitu token utk email2MMS. jadi email yg dikirim akan diterima oleh penerima dalam bentuk MMS (maks 64kB). Harga email2MMS ini adalah sebesar harga 1 SMS, alias 350 rupiah saja. Hal ini untuk memancing para teman2 utk menggunakan BB juga. mengingat bila ingin membalas MMS, ke email (fasilitas MMS2email kalo nga salah udah fasilitas standar MMS) mereka harus merogoh kocek Rp 1000 per MMS. Sedang kalo ikutan pake BB, mereka bisa balas dgn sangat murah. jauh lebih murah dr SMS ato MMS. Yang bisa dikirim adalah gambar, suara dan text. Komplit bukan.

    Dijamin bila ini bisa diterapkan. Org akan mempertimbangkan penggunaan BB. Krn nilai tambahnya sangat berarti dan bermanfaat.

    Wiwi Sachli
    Bandung

  17. Onoyiw
  18. “Mengapa Saya Tidak Ber-BlackBerry.”

    Hari pertama

    Wajar: makin lama pinggangmu makin penuh gadget
    Gaya: ah gak kan cuman 4 . Ipod, hp gsm, hp cdma, yg baru bebe 8700. Gw sdh tergantung ama ini gadget. bisa ilang tuh rezeki kalo gak ada bebe

    Wajar: walah masak sih.
    Gaya: lha kalo order lewat email kalo gak segera ditanggapin. Kan bisa ilang.

    Wajar: ntu email yg kek sms ya?
    Gaya: yup. pinter lu jar.

    Wajar: tapi kata temenku mending pakai internet unlimited. Lebih puas bisa segalanya.
    Gaya: itu sih omongan orang yg gak pernah pakai bebe. Kalo mau komentar itu mestinya pakai dulu. Jangan komentar kalo blom pakai.. ( dengan nada sinis)

    Wajar: sekarang gini saja. BeBe kuwi iso chating, browsing, email ?
    Gaya: walah bisa semua. Dengan alat yg segenggam ini. Email kek sms langsung nyampai. Chating konfren ok, browsing kompresinya aduhai, gak perlu takut kalo over quota.
    Gw mau ngabisin quota 200mb aja gak habis2. padahal milis yg gw ikutin full pic sehari bisa ratusan email.

    Wajar: lhoo katanya kompresi cuman ilusi, email gegas cuman mirror.
    Gaya: eeh buktinya ini 3 bln sdh gw langganan. puluhan milis gw ikutin sampai malah hamper seratus. Eeeeh itu langganan tetep kagak naik . Itu kalo lhu pakai PPC, Palm, Symbian, PC or Mac pakai inet yg kuota. gw yakin pasti jebol.

    Wajar: kalo kompresi sih aku gak tahu. Tapi kalo email just mirror. Pemahamanku email yg masuk cumin alert subyek saja. Gak didownloads cumin divew. Mangkane lu gak bisa habisin quota. Lha lhu cumin baca subyek saja. Body-nya gak lu nikmatin. Eeh jangan ngeres! Kalo kamu mau bukti? coba hbs downloads pakai BeBe. Downloads pakai PC. Pasti tuh email masih nongkrong di server
    Gaya: masalah gituan sih gw gak mau tahu. Yg penting… kenyataan yg ada .. biar ikut milis buaanyak tuh kuota gak habis. Suer ewer-ewer gw sdh buktiin 3 bulan ini.

    Wajar: oke deh kalo itu lu cuwekin. Sekarang gini ( berlagak mikir ) lhu kan sudah tahu di negri kita ada internet unlimited yg biayanya 300rb-an. Kalo mau ngenet pakai gadget macem-macem bisa. Disharing bisa. Apakah kamu dengan BeBe-mu itu yg hanya bisa jalan di gadget itu saja,kamu gak merasa dibatasi ?
    Gaya: gak masalah wong aku cuman buat pakai aku saja kok. Gak kusharing. Yg penting bisnis lancar. Rezeki gak tersumbat, Tagihan kagak naik. Sudah cukup kan.

    Karena debat sdh reda. Mereka pun ngloyor pulang

    Hari kedua.
    Beberapa hari kemudian mereka bertemu lagi.
    Gaya: asem tenan anakku minta ngenet dirumah. Biaya hidup nambah lagi…
    Wajar: yah harus diikutin dong jar… kan nanti dengan adanya internet kreaktifitas anak bertambah. Ruang gerak, dan waktu harus dibatasi. Tapi kalo media kreaktifitas harus bertambah biar anak makin cerdas.

    Gaya: aku juga kadang perlu downloads file besar juga. akhirnya pakai PC juga. BeBe ini blom bisa. Menurutmu gimana jar?
    Wajar: kalo gw jadi lhu… gw akan jual ipod dan BeBe 8700.

    Gaya: weleh dijual. ada gak nanti penggantinya yg bisa persis yg saya nikmatin selama ini.
    Wajar: bisalah. Mungkin hanya beberapa fitur saja yg hilang. Triknya gini. WTS ipod dan BeBe 8700 dimilis gadtorade trus WTB dopod d810 ato kalo murah beli ipaq 6965 paling 3.5jt-an. Jangan dijual di WTC ato THR! Bakalan makan ati wong makhluk email saja jarang yang tahu apalagi BeBe. Beliin ipaq dg minisd high speed dan gede. Dg satu gadget itu lhu bisa segalanya. Wifi, Bluetooth, phone, irda, kamera. GPS, keyboard kek BeBe itu ada juga. Gw jamin lu puas. Bahkan kamu akan dpat lebih yaitu GPS dan Wifi. jangan lupa beliin internet anak! Lagganan p****net! daftar awal 750rb. Bulanan pekgo (150rb) dapat 256kbps. Pasangin di ruang tamu sharing via wifi biar semua keluarga bareng merasakan internet. jangan pakai sepedy ato tnyet. Kalo lagi di LN data pakai Wifi, voice dan webcam pakai skype or YM via laptop ipaq lu simpan dulu. Biar jauh kita terasa dekat dengan keluarga. Biaya lain-lain bisa lebih terpotong lagi.

    Gaya: gitu ya. Tapi lu milihin gw ipaq 6965 bener kagak? Kata temen lemot tuh.
    Wajar: kagak lemot kok. Tanya tuh bos sentot sdh gak mau pisah ranjang ama ipaq 6965. Yg penting upgrade dg firmware terbaru. Dan tweak pakai memmaid, spbpocket plus, tweak2k teranyar. Install byk aplikasi gak masalah. Dijamin kuenceng. Minisd ambil yg big size dan high speed lho…

    Gaya: ok gw siapin semua. Kalo sdh siap gw ketempat lu.
    Wajar: ok.

    Bubar deh

    Hari ketiga
    Wajar nginstall aplikasi ke ipaq 6965. lengkap sekali mulai dari aplikasi baca ebook dg segala extensionnya, aplikasi finance, game, aplikasi GPS dengan map sekalian yaitu Taiwan dan cina autorute. Dictionary dll weleh lengkap pokoke sampai simplified Chinese dan juga traditional Chinese juga. Dan semua aplikasi emang working well. Dasar wajar tukang mbajak…

    Hari keempat
    Gaya tergopoh-gopoh mendatangi wajar.

    Gaya: asem lu jar. Tuh pda baterainya keknya rusak. Mosok dipakai gps, dan phone 3 jam sdh nangis minta discharge gw malah gak bisa apa2 nih. Mending dulu masih enak.
    Wajar: oalah gps dipakai bareng telpon ya begitu… but don’t worry be happy bos. Pakai saja cigarette charger mobil dan kabel data ipaq rebes deh.

    Gaya: emang gw dimobil mulu ini suroboyo men. Yg macet cumin A yani dan Tunjungan doang.
    Wajar: emang kalo lagi dikebun lama ya?
    Gaya: kalo lagi ke kebun aku kan lama mosok gak dengerin musik dan baca ebook weleh bete.

    Wajar: gini saja ajak gw ke gudang kantormu nanti gw ambil beberapa ups rusak
    Gaya: ayo!

    Setelah dipilih 3 ups rusak. Dikawin silang jadilah 1 ups working well dan beberapa baterai langsung dibawa pulang. Mampir ke Djamin electronic beli konektor, ic 7805 dan beberapa elco dan dioda. Sebelum Sampai rumah mampir ke eradata beli kabel usb perpanjangan. Emang dasar wajar bentaran doang sdh kelar. Baterai mbah gendong langsung action. Colokin ipaq 6965 colokin hp gsm dan cdma. Semua working well. Tinggall test drive. Kira-kira tahan berapa lama ? kalo dipasang di pc yg berdaya 200-300w masih tahan 15-20 menit. Daya ipaq dan hp gsm/cdma keknya gak sampai 50w deh. Mestinya itungan sudah hari. Daripada beli baterai ipaq yg doble power yg tembus angka gopek, mending pakai ini. walau berat namun tahan lama.

    Created:
    onoyiw@suroboyo

  19. Samuel Kurniadi
  20. Andaikan Saya Jadi Manajer Pemasaran Layanan BlackBerry

    Saya akan tak jemu-jemunya melakukan kegiatan dalam bentuk :
    – Pameran keliling ke Sekolah, Kampus, Pusat Perbelanjaan, dan pusat keramaian lainnya
    – Seminar / Workshop dengan biaya terjangkau sebagai pengganti biaya akomodasi
    – Meminjamkan perangkat BB kepada para wartawan / penulis agar diulas di media mereka masing-masing
    – Melakukan talkshow di radio dan TV

    Selain itu saya juga akan mengajak bekerja sama dengan :
    – Media online untuk melakukan layanan penyebaran berita kepada pelanggan BB
    – Pengelola tabloid untuk mengirimkan gosip terbaru melalui layanan BB
    – Kampus Universitas Terbuka untuk penyebarluasan materi kuliah

    Saya juga akan menyelengarakan sebuah program untuk meringankan biaya berlangganan layanan BB dengan bentuk :
    – Bagi pelanggan BB yang bersedia menerima iklan sesuai dengan kategori yang dikehendaki akan memperoleh sejumlah poin
    – Semakin banyak kategori iklan yang bersedia diterima oleh pelanggan akan semakin banyak poin yang dikumpulkan
    – Incentive yang diterima pelanggan diperoleh dari pemasang iklan
    – Poin yang terkumpul bisa dipergunakan untuk mengurangi biaya berlangganan

    Samuel Kurniadi
    Yogyakarta

* 5 PEMENANG VOUCHER BELANJA METRO @ RP 200 RIBU

  1. 1. Ferry —> yang username emailnya ftj (at) …..
  2. ‘Benci tapi Rindu’
    alasan Kenapa saya menceraikan blackberry..

    Gadtorade sebagai komunitas pencinta gadget dan penolong sesama telah memberikan peran besar buat saya mengenal apa itu blackberry,
    posting demi posting yang meracuni dan menggoda semakin membuat rasa tertarik lebih jauh mengenal blackberry.

    Pucuk dicinta ulam tiba, pembesar gadtorade yang baik hati dan tukang mewujudkan keinginan menghantar wujud nyata sesosok blackberry cingular 8700 lewat dealing SMS, tidak lebih dari 1 jam, rasa sakaw dan penasaran terhadap blackberry terjawab.

    Awalnya pasangan baru saya ini menjadi alat yang luar biasa,
    menemani di saat perjalanan,
    menemani di saat makan,
    menemani di saat kelelahan,
    menemani di saat meeting-meeting yang membosankan
    dan bahkan menemani saat ngendon di kamar mandi:-)

    hidup menjadi tidak sama, saya bisa tertawa kapan saja (meskipun orang sekeliling saya bingung melihat saya tertawa sendiri), karena ulasan dan tulisan yang lutju dari teman-teman melalui komunitas milis, informasi penting dan komunikasi dengan rekan dan kolegapun menjadi lebih mudah.

    Yang menjadi masalah, kemampuan blackberry ini telah membuat saya ketagihan, tiada waktu tanpa blackberry, dan tentunya waktu saya buat pekerjaan, dan keluarga, mulai terganggu.

    Sampai pada titik, saya benar-benar harus memilih memiliki waktu lebih buat keluarga dan pekerjaan atau menjauhi mereka dan terus mendekap blackberry.

    Karena keluarga dan pekerjaan menentukan hidup mati saya, blackberry akhirnya terpaksa saya ceraikan, sampai saya menemukan alasan yang lebih mendatangkan kebutuhan dan keuntungan, saya harus menahan diri untuk menggunakan blackberry.

    tetapi pengalaman itu demikian membekas, meskipun ada handset pengganti yang dapat berubah menyerupai blackberry, tetapi kelebihan dan daya tarik blackberry sulit sekali menggantikan handset penggantinya hingga saat ini.

    Saya hanya dapat berdoa, pada waktu yang tepat, saya akan kembali mendekap blackberry dan pada saat itu, blackberry menjadi salah satu alat yang benar-benar membantu saya dalam menjalani hidup menjadi lebih berarti.

    ferry
    domisili @ Jakarta
    ——————
    missing my blackberry

  3. Andreas Sindudharma
  4. Boss HSW demi sebuah eee mau coba ikutan nih :

    Kalau Saya Menjadi Manajer Pemasaran Blackberry

    Saya mulai dengan premis sederhana : blackberry bukan untuk semua orang. Di negeri yang ARPU rata-rata semua operator di bawah $10 jelas bayar langganan doang Rp.200rb harus bermain di lahan yang lain. Lagipula Rp.200rb itu sebenarnya secara bisnis juga susah justifikasi kalau konon kabarnya ke RIM saja sudah bayar license $15.

    Kehebatan pemasaran Nokia Communicator mestinya bisa dijadikan pelajaran bahwa di negeri yang rakyatnya sudah susah beli tempe ini ternyata ada golongan yang tidak cuma bicara harga sepanjang bisa justify citra kinclong. Bawa Nokia E90 sekarang tidak boleh dikantongi, tapi harus digenggam atau pakai holster di ikat pinggang. Kalau duduk di cafe di mall atau di hotel harus ditaruh di atas meja (mengingatkan saya jaman hp motorola AMPS yang segede botol Coca Cola awal 90an).

    Kalangan top executives biasanya peduli citra, kepraktisan tapi banyak yang gaptek. Saya akan mulai dengan set satu team SWAT yang berkemampuan meladeni para eksekutif gaptek ini. Begitu ada aplikasi team ini langsung bikin appoinment ketemu. Bawa hh dan simcard yang sudah aktif. Nyalakan langsung di depan prospek sudah GPRS. Settingkan email addressnya, ajari pakai Yahoo Messenger sambil diajari ini lebih murah daripada sms yang 160 huruf bayar Rp.250 (untuk mereka sms itu murah lho).

    Kalau ada problem jangan segan-segan datang, langsung kasih solusi, kalau perlu kasih backup handheld. Tiga bulan sekali kunjungan, upgrade software, sambil racunin milis-milis sesuai hobby mereka. Jangan diajak ke id-bb karena moderatornya galak🙂, tapi siapa tahu mereka pelanggan potensial untuk argo-bb😛 Mereka akan terbuka bahwa lewat milis bisa ketemu mungkin teman-teman ex satu sekolah, sehobby dan lain-lain.

    Apa untungnya kasih service istimewa seperti itu ? Jangan lupa mereka memimpin puluhan atau ratusan karyawan. Sekali ‘autis’ mereka bisa perintahkan seluruh kantor pakai blackberry dan mungkin jadi klien BES. Buat mereka juga jangan set harga langganan murah-murah : Rp.300rb – Rp.400rb minimal. Kasih hh yang manis, minimal curve atau huron dengan pouch kulit jadi bisa digenggam kayak E90 kalau jalan-jalan. Jangan kasih suretype nanti dibanting🙂

    Satu peluang lain : para pebisnis luar negeri yang dinas minimal satu minggu di Indonesia. Besar kemungkinan mereka pakai blackberry di kantornya dan kita bisa sewakan blackberry bulanan. Mereka bisa diminta deposit dan bayar paket langganan minimum sebulan. Taruh deposit $100 mestinya nggak berat buat mereka daripada bayar roaming.

    Gitu aja ya, kali-kali bisa diterapkan. Mungkin ada operator yang mau gaji saya jadi manager asal feenya cocok boleh japri🙂

    *eee ditunggu*

    Andreas Sindudharma
    Jakarta

  5. Unting Patri
  6. Andaikan Saya Jadi Manajer Pemasaran Layanan Blackberry

    Setelah tirakat selama 4 hari memikirkan apa yang harus dilakukan kalau menjadi manajer BB, maka selesai juga tulisan saya.

    Menurut saya saat ini BB masih sulit untuk melakukan penetrasi pasar secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh segmentasi pasar yang terlalu sempit dan citra bb yang belum terbentuk sebagai gadget sejuta umat serta desain handset yang relatif tidak menarik.

    Langkah awal yang akan saya lakukan sebagai manajer pemasaran bb adalah melakukan perencanaan segmentasi dan target pasar. Saya akan membuat segmentasi pasar sebagai berikut :

    1. Bisnis
    Segmentasi ini memiliki target corporate dan pelaku bisnis individual.

    2. Pelajar dan mahasiswa
    Targetnya adalah pelajar dan mahasiswa

    3. Ibu Rumah Tangga
    Target pasarnya adalah ibu rumah tangga

    Target nomor 1 dan nomor 2 adalah target utama, target nomor 3 adalah target sampingan.

    Strategi pemasaran bagaimana yang akan saya lakukan..?

    1. Penetapan pola tarif yang disesuaikan dengan segmentasi dan target pasar

    2. Strategi promosi disesuaikan dengan target pasar.

    Akhirnya, program pemasaran seperti apa yang akan saya kerjakan :

    1. Bisnis
    Produk BB akan saya kemas dan beri nama sebagai Corporate Blackberry. Pola tarif sama dengan pola tarif BB yang ada saat ini 150 ribu rupiah / 50mb.
    Promosi akan saya lakukan dengan jalan direct selling kepada perusahaan – perusahaan, penawaran melalu e-mail, undangan seminar. Paket ini akan saya bundel dengan maintenance dan edukasi.

    Paket kelas corporate termasuk di dalamnya adalah paket integrasi handheld dengan sistem komunikasi dan e-mail sytem di Perusahaan yang menjalin kerjasama. Handheld BB dengan harga super miring (contoh : Huron dengan harga Rp 1 juta) diberikan kepada para manajernya dengan kontrak selama 3 tahun. Training diberikan secara rutin 2 kali setahun, juga bulletin rutin berisikan info info terbaru dunia per BB an.

    Tentu saja hubungan kerjasama ini akan di jaga dengan turut serta dalam kegiatan nonformal internal perusahaan tersebut. Seperti Family gathering atau HUT perusahaan tersebut. Nah dalam acara itu kan bisa sekaligus membuka counter khusus demo unit dan penjualan BB. Jadi lambat laun tidak hanya jajaran manajer dan karyawan yang menggunakan BB. Tetapi keluarga karyawanpun akan ikut.

    Paket Handheld yang dijualpun tidak hanya blackberry rim saja. Tetapi akan membundel dengan pdaphone atau hp symbian yang terinstal bb connect.

    Untuk pelanggan bisnis individual akan ditawarkan sama dengan pola yang sekarang. Tetapi dikembangkan dengan penawaran upgrade handheld. Menukar handphonenya dengan Blackberry handset dengan harga miring.

    Juga diberikan penawaran dan tarif khusus untuk anggota komunitas pengguna bb seperti anggota milis id-bb dan id-blackberry. Komunitas BB ini akan menjadi mitra dalam edukasi BB kepada masyarakat, dan juga dilibatkan dalam setiap kegiatan promosi.

    Untuk pelanggan corporate, dapat juga ditawarkan sistem komunikasi antar karyawan dengan sistem leasing. Hand set BB akan dipinjamkan, perusahaan cukup membayar biaya langganannya saja. kontrak dilakukan selama 5 tahun. Terdapat pilihan apakah setelah 5 tahun ada pengembalian handset, upgrade handset atau, handset langsung dimiliki. Tentu saja dengan pola tarif yang berbeda. Program ini akan saya beri nama RnB singkatan dari ReNtal Blackberry. Inti dari program ini adalah menjual sistem komunikasi perusahaan terintegrasi via BB. Bukan menjual handsetnya.

    2. Pelajar dan Mahasiswa
    Untuk paket pelajar dan mahasiswa akan dikemas dalam paket yang diberi nama College Blackberry.

    Desain produk khusus pelajar dan mahasiswa adalah paket hemat bb. Dengan biaya 50ribu akan mendapatkan kuota 15mb. Tentu saja dengan kompresi bb jumlah kuota sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk kegiatan e-mail, browsing dan chatting. Adapun kelebihan kuota akan dihargai Rp 1 rupiah per kb.

    Dengan mengusung jargon ‘colleges go to cyber’ akan menciptakan citra pelajar dan mahasiswa masa kini identik dengan kemudahan akses internet dan komunikasi menggunakan bb.

    Tentu saja handheld yang diusung untuk dibundel dalam paket colleges blackberry adalah handset simple dan gaya seperti pearl a.k.a bb 8100.

    Dapat juga dilakukan desain casing bb dengan warna warni yang ceria dan dinamis sesuai dengan gairah jiwa muda. Silicon case warna warni dapat ditawarkan dalam bundel produknya.

    Bila kurang sreg dengan handheld RIM, tawarkan saja BB connect untuk dipasang pada symbian handheld atau PPC.

    BB juga dapat ikut serta meramaikan kegiatan kemahasiswaan seperti pekan olahraga mahasiswa, dan tentunya menyediakan stand demo produk dan edukasi. Yang pastinya juga sekaligus melakukan penjualan.

    Selain itu akan saya desain sebuah program bertajuk blackberry campus. Program ini mirip dengan blackberry corporate, hanya saja mitra kerjasamanya adalah kampus kampus terkenal.

    Dengan program ini akan ditawarkan kemudahan akses informasi mengenai kampus, jadwal akademik, nilai hasil ujian, mengisi rencana studi, semuanya dapat dilakukan melalu handheld blackberry.

    Juga akan merangkul salah satu bank untuk menawarkan fasilitas pembayaran spp melalui e-banking blackberry.

    Bagi kampus yang bekerjasama akan diberikan gratis software manajemen informasi yang mengintegrasikan sistem informasi universitas dengn sistem informasi blackberry…. Bayangkan.. Hari ini ujian.. hasil ujian akan segera dapat diketahui maksimal dua hari kemudian langsung dari handheld bb.

    Juga akan didemokan bimbingan skripsi / thesis melalui blackberry messenger.. Tidak perlu lagi menunggu berhari hari hanya untuk melakukan bimbingan skripsi. File skripsi dapat langsung dkirmkan ke dosen. Ketika sudah selesai diperiksa juga dapat langsung dikirim ulang langsung ke BB mahasiswa. Demikian juga tugas tugas… Dapat langsung dikirim.. Dan bagi yang ketauan copy paste tugas… Dapat segera dieksekusi oleh dosen…Xixixixi

    3. Ibu Rumah Tangga
    Family blackberry adalah paket layanan Blackberry yang ditujukan untuk ibu rumah tangga masa kini yang aktif dan energik. Dengan biaya 100 ribu rupiah per 20mb, para ibu rumah tangga akan dikenalkan dengan produk blackberry. Diawali dengan penetrasi pasar melalui tempat tempat kursus (kursus menjahit atau kursus memasak). Tentu saja dengan bekerja sama dengan tempat kursusnya. Juga dapat melakukan penetrasi pasar dengan menjadi sponsor pada acara acara seperti bakti sosial, dan tentu saja jangan lupa untuk memasang tenda demo produk. BB mungkin bukan produk yang menarik untuk ibu – ibu. Tetapi produk bb itu didesain agar dekat dengan ibu ibu. Model produk blackberry untuk ibu ibu adalah bb yang bisa mengakses gosip gosip terkini melalui blackberry internet service. Bookmark blackberry berisi situs situs entertainment, gosip artis, dan milis milis yang membahas keluarga. Dan pastikan untuk mengedukasi para ibu ibu untuk menggunakan google. Sedikit pesimis, tetapi ketika berhasil menciptakan pasar, maka pasar akan terbentuk.

    Langkah langkah pemasaran BB itu akan saya tunjang degan desain ulang produk. Berhubung sulit melakukan desain ulang produk handset, malah tidak mungkin (soal bentuk BB mah terserah RIM saja), saya akan melakukan desain ulang produk milik saya sendiri yaitu telekomunikasi. kalau saya mengandalkan RIM untuk meredisain handsetnya, penuh ketidak pastian apakah ide saya akan diterima atau tidak. Desain produk saya itu akan berupa paket telepon dan bicara yang bisa digabung dengan paket BB. Hal ini saya lakukan agar pemasaran BB tidak menjadi kanibal bagi produk yang sebelumnya sudah eksis. Sehingga seorang yang yang ingin berlangganan BB tidak akan mundur akibat terbentur fitur yang dibatasi BB. Beberapa contoh adalah sebagai berikut :
    1. Saya akan memberi jalur internet disamping BB internet service, dengan tarif lebih murah dibanding tarif reguler. Hal ini untuk memberi kesempatan kepada maniak download untuk menyalurkan hobinya.
    2. Tarif sms juga akan dibuat istimewa, hanya 80 rupiah per sms ke seluruh operator. Tentu saja ini untuk mengatasi kebutuhan komunikasi pengguna BB ke pengguna non bb.
    3. Tarif telepon juga akan dibuat relatif lebih murah ke seluruh operator, hal ini untuk menghindarkan kesan bahwa dengan menggunakan BB akan menambah pengeluaran belanja komunikasi
    4. Selain ketiga contoh di atas, dapat juga membuat paket internet, telepon atau sms yang dibuat seperti prabayar. Mirip program hybridnya telkomsel.

    Terpikir juga untuk melakukan kerjasam pemasaran dengan pihak lain. Program yang mungkin untuk dilakukan adalah sebagai berikut :
    1. Bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit atau kartu debet untuk mengeluarkan sebuah Blackberry privilege card. Selain kemudahan dalam pembayaran tagihan, juga disertai fasilitas discount belanja. Saya akan beri nama program ini sebagai Blackberry Swipe. Just swipe your blackberry.. Pin bb dapat digunakan sebagai id pengganti barcode.
    2. Saya juga akan bekerjasama dengan produsen silicon case agar dapat menjual bb berbagai warna tanpa harus merubah bentuk aslinya. Ini untuk menunjang penjualan yang terbentur bentuk bb yang monoton. Bila sulit membuat desain BB yang manis. Ubah saja warnanya. Silicon case ini juga dapat dikombinasi dengan sebuah barcode untuk kemudahan berbelanja..ini menjadikan silicon case pertama di dunia yang menjadi alat belanja bila dikombinasikan dengan program BB swipe. Tidak perlu bawa bawa kartu kredit. Cukup bawa BB saja. Dan pin BB sebagai alat pengamannya.

    Untuk melakukan maintenance terhadap pelanggan yang sudah ada, tentunya perlu didukung oleh customer service officer yang handal. Layanan ini akan saya beri nama Blackberry I-red (singkatan dari blackberry information ready). CSO dapat dihubungi melalu telepon dengan nomor khusus, YM ataupun BBM. Dan semuanya sudah dilatih khusus sehingga memiliki product knowledge yang mumpuni tentang layanan komunikasi dengan BB, tidak akan ada lagi permintaan ‘mohon tunggu sebentar’ atau ‘maaf customer service representatif sedang melayani pelanggan lain, mohon tunggu sebentar’ … CSO selalu ready setiap saat seperti nama programnya BB I-red

    nah itu ide bila saya menjadi seorang manajer pemasaran blackberry. Secara sederhana, sebagai seorang manajer pemasaran, saya tidak hanya berpikir menjual produk pada pasar yang sudah ada saja, tetapi juga memikirkan bagaimana cara menciptakan pasar dan juga melakukan maintenance pangsa pasar serta membentuk dan menguatkan brand image di pasar telekomunikasi. Juga merangkul industri di bidang lain untuk membentuk dukungan pasar yang kuat.
    Beberapa memang terasa gila… Tapi untuk sebuah ide saya rasa tidak akan ada yang terlalu gila… Kalau tidak dapat Asus EEE siapa tau ada pihak yang berminat dengan desain desain produk tersebut, dapat menghubungi saya. Jangan dibajak ya…. Xixixixi.

    4. Oni Budipramono

    Apabila saya menjadi manajer pemasar layanan Blackberry.

    Strategi perluasan pengguna Blackberry harus selaras dengan keunikan dan kelebihan dari Blackberry itu sendiri. Harus dipetakan dulu apa kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari teknologi Blackberry harus dieksploitasi dan market-market yang akan diuntungkan dengan fitur yang ada harus secara pro-aktif didekati dan diberikan tawaran paket menarik.

    Salah satu kelebihan utama dari Blackberry adalah push email yg fenomenal sampai menimbulkan kesan ‘autis’ bagi penggunanya. Korporat adalah target yang harus diutamakan karena volumenya akan menarik untuk diprospek secara khusus. Untuk itu, harus dicari korporat-korporat yang bisa diuntungkan dengan adanya teknologi ini. Dan semuanya dilakukan dengan konsep ‘jemput-bola’. Datangi penentu kebijakan di perusahaan-perusahaan target dan siapkan paket yang tidak bisa ditolak.

    Perusahaan yang sebagian besar karyawannya duduk di belakang meja, mungkin tidak cocok untuk diberi perhatian khusus, karena email bisa menjangkau mereka setiap saat, kecuali untuk beberapa key-person tertentu saja yg mungkin akan butuh layanan Blackberry.

    Nah, mari kita cari jenis usaha yang punya staf mobile dalam jumlah signifikan. Sebagai contoh, misalnya perusahaan jasa pengiriman seperti Fedex, DHL, TIKI, dll. Atau perusahaan retail yang banyak mengandalkan tenaga marketing yg mobile spt asuransi dan investasi keuangan, broker real estate, dll. Apa untungnya bagi perusahaan apabila staf mobilenya dibekali Blackberry device?

    Kita ambil contoh, perusahaan asuransi akan dengan mudah mengirimkan secara otomatis, misalnya, harga unit link yang memang diupdate setiap hari oleh perusahaan, sesuai dengan hasil investasi pada hari sebelumnya. Update tsb akan diterima seketika oleh seluruh sales agent yg memiliki Blackberry. Atau mengirimkan jumlah komisi si agen secara periodik. Karena berbasis email, teknologi ini akan sangat mudah implementasinya. Selama ini sebagian besar agen mengetahui update melalui website perushaan atau telpon ke customer service. Keduanya membutuhkan biaya dan waktu ekstra bagi si agen.

    Kalau itu saja belum cukup, gandenglah perusahaan IT yg mampu mendevelop software untuk Blckberry device. Misalnya sebuah program kecil yang secara periodik akan mengirimkan email ke kantor pusat yg berisi ID BTS yg sedang digunakan oleh device bersangkutan. Karena penyedia layanan ini adalah operator seluler, maka ID BTS tersebut dapat diterjemahkan sebagai lokasi geografis tertentu.

    Siapa yg diuntungkan dgn ini? Perusahaan jasa pengiriman tadi akan dengan senang hati untuk mengetahui pergerakan staf delivery mereka, tanpa harus investasi GPS dan alat tracking spesifik lain. Dengan menggunakan email di Blackberry, bukannya SMS, pengeluaran lebih terkendali karena biayanya terikut dalam paket berlangganan Blackberry, tidak seperti SMS yang harus dibayar per satuan SMS.

    Software-software kecil seperti itu masih banyak lagi fitur yang dapat dikembangkan, yang penting komunikasi dilakukan berbasis email, sehingga menekan pengeluaran dari perusahaan yang menggunakannya. Setiap jenis usaha mungkin memiliki karakteristik berbeda, sehingga perlu pembuatan software berbeda. Tapi apabila 1 perusahaan sudah menjadi pelanggan, maka perusahaan dengan jenis usaha yang sama secara otomatis dapat menggunakan teknologi yang sama. Gengsi dan kompetisi juga dapat memicu ikutnya perusahaan dengan jenis usaha sama untuk jadi pelanggan apabila kompetitornya sudah menggunakan terlebih dulu.

    Berbicara mengenai perusahaan dengan jenis-jenis usaha di atas, kita berbicara tentang kuantitas. Dengan kuantitas, kita dapat memberikan paket berlangganan yang lebih atraktif. Contohnya, untuk perusahaan yang akan berlangganan Blackberry untuk 100 orang akan mendapat diskon 25%. Untuk 101 – 200 orang, 35%, dst. Atau memberikan sekian jumlah device gratis untuk jumlah berlangganan tertentu.

    Fitur lain yg sangat memikat adalah akses internet. Fitur ini juga dapat dieksploitasi, juga karena biaya akses internet termasuk dalam kuota standar, tidak perlu biaya tambahan. Ditambah lagi, sebagian besar perusahaan telah memiliki situs web. Agen-agen broker real estate dapat dengan mudah melihat data property yang dijual, dengan update terkini, di manapun mereka berada dalam cakupan layanan operator seluler. Atau agen pemasaran kartu kredit dapat melakukan registrasi kartu kredit untuk nasabah baru secara online.

    Dengan riset pasar yang memadai, strategi pemasaran yang tepat dan penguasaan penerapan teknologi yang tepat guna untuk calon pelanggan, sangat mungkin melipatgandakan pengguna Blackberry dalam waktu yang relatif singkat. Penentu kebijakan di perusahaan selalu menginginkan keuntungan riil dari biaya yang sudah dikeluarkan. Jika pemasar layanan Blackberry dapat memberikan justifikasi bisnis yang masuk akal, niscaya calon pelanggan tidak ragu untuk teken MoU.

    Oni Budipramono
    Tangerang

  7. Oon Arfiandwi
  8. Aplikasi Blackberry™ untuk Menolong Orang Patah Kaki

    Sengaja saya menuliskan judul yang menarik untuk memulai cerita saya yang tidak terlupakan bersama Blackberry™ ..

    Saya salah satu pengguna Blackberry™ yang memanfaatkan juga fitur Development Environment yang disediakan oleh RIM.
    Kebanyakan aplikasi saya bangun diatas Blackberry untuk keperluan personal saya, meski butuh lisensi berbayar untuk mendeploy aplikasi di handheld Blackberry™.

    Saat Natal tahun 2007, tiba-tiba ada telpon yang menginformasikan bahwa teman saya, Natalia, tertabrak motor. Alhasil dia dirawat di rumah sakit dalam keadaan kakinya patah.

    Natalia ini seseorang yang hidupnya pas-pasan, jangankan berganti-ganti handphone, berganti-ganti pakaianpun siklusnya mudah sekali diingat (jumlahnya terbatas).

    Natalia tidak punya cukup uang untuk operasi patah tulangnya, sedangkan saya pada saat itu juga tidak menyimpan uang yang cukup untuk biaya operasi. Memang bukan operasi besar, tapi menimbang waktunya diakhir bulan, cukup berat juga mengumpulkannya.

    Setelah kontak sana-sini, berhasil dihimpun setengah dari biaya operasi, dari sumbangan sukarela teman-teman Natalia.
    Sambi terus memutar otak, saya memainkan Blackberry™ yang tidak pernah lepas dari tangan saya tersebut. Saya mendapatkan ide untuk segera menjual aplikasi yang saya buat, dengan persetujuan dari sejumlah teman-teman penguji aplikasi.

    Pergantian tahun 2008 saya mulai menjual aplikasi di komunitas Blackberry™ Indonesia. Dengan sejumlah strategi pemasaran yang saya pilih dan sesuaikan dengan komunitas, ternyata antusiame dari teman-teman di komunitas sangat besar. Aplikasi laku terjual lebih dari perkiraan saya, hingga akhirnya saya bisa menambahkan biaya untuk operasi patah tulang kaki Natalia.

    Terima kasih teman-teman Id-Blackberry™, terima kasih RIM dan Blackberry™. Saya hanya bisa menyampaikan pesan tersebut dari Natalia …

    Oon Arfiandwi
    Blackberry™ Application Developer -at- Bandung ..
    February

* 2 PEMENANG BACKPACK TITLEIST XL

  1. Made Swasthika
  2. pengalaman tak terlupakan bersama blackberry

    sebenarnya cerita ini sudah pernah saya posting dimilis id-blackberry. tetapi demi sebuah eee pc, saya akan menceritakannya kembali.

    ceritanya beberapa bulan yang lalu saya dengan beberapa teman sedang makan kepiting. kami membeli kepiting tersebut di sebuah restoran dan membungkusnya untuk dimakan di rumah. akan tetapi ketika hendak makan, beberapa cingkong kepiting masih utuh dan tidak bisa dibuka. setelah dicari-cari, ternyata tidak ada alat yang bisa dipakai untuk membuka cingkong tersebut. awalnya teman saya meledek, buka aja pake bb, katanya kuat. awalnya saya enggan, tapi karena diledek terus, saya jadi ingin membuktikan kepada mereka. saya genggam bb dalam posisi lcd menghadap telapak tangan. dan dalam satu kali pukulan, pecahlah cingkong tersebut. melihat itu, teman saya pun takjub. dan saya dengan bangga mulai memecahkan beberapa cingkong yang lain. padahal, pada awalnya saya juga ketar-ketir takut bikin blackberry saya rusak. dan setelah semua cingkong terbelah, blackberry saya masih berfungsi secara normal. bahkan masih saya gunakan sampe sekarang.

    Made Swasthika
    Jakarta

  3. Felix Salman
  4. Dua Jam yang Tak Terlupakan Bersama BlackBerry

    Nama saya Felix, saya adalah seorang karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

    Saya telah lama mendengar kehebatan BlackBerry dari media informasi maupun dari teman-teman yang telah menggunakannya. Namun sayang sekali, karena keterbatasan dana, saya hanya bisa berangan-angan untuk membeli BlackBerry.

    Akhirnya, pada bulan Desember, saya diserahkan sebuah BlackBerry handheld oleh perusahaan… “Wooowww” dalam hati saya berteriak girang. Baru pertama kali saya jumpa langsung dengan si buah bibir yg selama ini menjadi topik perbincangan orang-orang. Tipe BlackBerry yang diserahkan adalah BlackBerry Curve.

    Seperti anak kecil yang mendapatkan mainan baru, saya langsung membuka kotaknya dan langsung menggenggam devicenya.. “muantabbb” tubuh Curve yang gempal terasa pas di tangan. Setelah saya memasang baterai dan memasukkan SIM Card,langsung saja saya menyalakan dan bermain-main dengan menu pada BlackBerry.

    Wuahh… menu di dalamnya terasa lebih kompleks apabila dibandingkan dengan menu ponsel maupun PDA phone lain. Meskipun boleh dibilang saya sudah cukup mahir dalam memainkan menu di beberapa merk ponsel, namun yang satu ini sungguh berbeda. Cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk membiasakan diri dengan menu BlackBerry. Beberapa teman kantor yang kebetulan lewat ketika saya memainkan BlackBerry, melontarkan komentar-komentar yang menyejukan, “wuihh… keren bro udah pake BB sekarang” atau “aje gile, pegangannya BB sekarang”. Saya hanya tersenyum simpul sambil menaik-turunkan alis membalas semua komentar mereka.

    Sudah sekitar satu jam saya mengeksplorasi menu di dalamnya, yang tentu dibantu pula dengan buku panduan. Setelah saya merasa cukup mengenal, saya langsung menuju server untuk disinkronisasi dengan layanan surat elektronik di kantor. Perlu saya tambahkan bahwa di kantor tempat saya bekerja menggunakan layanan Blackberry untuk menunjang pekerjaan sehari-hari.

    Tidak perlu banyak konfigurasi yang perlu dilakukan, saya hanya perlu menancapkan Blackberry handheld ke server dengan bantuan kabel USB, setelah itu, server yang telah ditanamkan aplikasi Blackberry akan mendeteksi adanya alat Blackberry dengan nomor identifikasi yang baru. Pada aplikasi, saya hanya perlu memilih kotak surat mana yang mau disinkronisasi. Setelah beberapa kali menekan tetikus, konfigurasi tersebut dikirim ke handheldnya dan tidak perlu menunggu lama, sinkronisasi telah selesai. Saya cukup takjub melihatnya. Kalau diibaratkan masak, mengeset sebuah Blackberry seperti sedang memasak mie instant. Tanpa perlu lama dan tanpa perlu repot, hasilnya bisa jadi dalam sekejap.

    Perlu saya beritahu, bahwa kecanggihan teknologi yang tertanam dalam BlackBerry sungguh nyata. Hanya dengan melihat aplikasi di server, saya bisa mengetahui nomor identifikasi BlackBerry tersebut, siapa pemilik BlackBerry tersebut, berapa lama daya tahan baterainya, apa tipe BlackBerry tersebut dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa diketahui hanya dengan melihat aplikasi tersebut.

    Setelah berhasil melakukan sinkronisasi saya kembali ke meja kerja saya. Segera saja saya tes untuk mengirim dan menerima surat elektronik, dan juga mencari alamat-alamat surat elektronik yang terdaftar pada daftar alamat surat elektronik kantor. Semuanya berjalan lancar tanpa hambatan.

    Tanpa terasa, telah dua jam waktu saya tersita oleh BlackBerry. Tidak lama, ada kepala bagian divisi lain menghampiri saya dan bertanya, “Bagaimana Lix? OK?” saya menjawab, “wah.. mantab pak!” . Beliau bertanya lagi, “Ada hambatan dalam komunikasi e-mailnya?” , “Tidak ada hambatan yang berarti pak, hanya perlu membiasakan diri saja terhadap menu di dalamnya” jawab saya”. “Baiklah kalau begitu, bisa saya ambil sekarang?” . Berat hati saya untuk mengatakan bisa, namun apa boleh buat, BlackBerry tersebut memang tidak ditujukan untuk saya, BlackBerry tersebut diserahkan kepada saya hanya untuk disiapkan agar bisa segera dipakai oleh kepala bagian tersebut. “Bisa pak” , jawab saya. Segera saya memasukan buku panduan, charger, headset kembali ke dalam kotaknya. Dan kotak tersebut bersama dengan BlackBerry handsetnya saya serahkan ke kepala bagian tersebut. Beliau dengan muka yang berseri-seri berkata,” Terima Kasih banyak Lix”. Sekali lagi saya hanya bisa tersenyum simpul membalas perkataan beliau.

    Selamat jalan BlackBerry yang baru kukenal selama dua jam, semoga engkau bermanfaat bagi bapak tersebut dan juga semoga juga tiba saatnya bagiku untuk menerima BlackBerry yang diserahkan padaku untuk kugunakan sendiri.

    Salam,
    Felix Salman
    Jakarta

* PEMENANG SATU UNIT ASUS EEE

  1. Amil Luthfi

“Andaikan Saya Jadi Manajer Pemasaran Layanan BlackBerry.”

Jumat pagi di Buah Telecom, ditengah-tengah rapat yang dipimpin Pak Berryjer (BJ-manajer), hadir team pemasaran yang terdiri dari : Berryblack, Berrywhite, Berrymanilow, Berrysik (baca : berisik) dan terakhir Berryerry (baca beri-beri), diagendakan rapat hari ini soal pemasaran layanan Blackberry.

“Saudara2 saya minta evaluasi mengenai layanan BlackBerry selama ini, buat masukkan langkah-langkah yang tepat agar BlackBerry lebih bisa diterima di masyarakat” kata pembuka rapat dari Pak BJ yang bikin kening team berkerut.

“Waduh ni’ rapat bakal serius!……alamat makan siang telat nih!” sungut Berryerry yang dari ukuran badannya yang luas langsung kita tau kalo doyan makan.

Berrysik angkat bicara “Begini Pak, setelah saya menerawang di lapangan, Blackberry lambat penetrasinya karena,
1. handset sulit di dapat,
2. handset mahal dan
3. kalaupun dapat handset, kadang masalah teknis menghadang, seperti PIN nyangkut dan lain-lain, saya rasa hanya itu.”

“Saya tambahkan.” dengan sisa semangat ibadah malam jumat Berryblack ikut angkat bicara. “Kendala utama layanan blackberry biaya mahal, yak…..biaya mahal bulanan Pak BJ, itu yang perlu kita pikirkan.”

Pak BJ manggut-manggut tanda mengerti, padahal sebenarnya bingung cari solusi. “Ada masukan lain,” kata Pak BJ

“Pertama coba kita ubah pradigma komunikasi tidak terbatas hanya telepon dan SMS,” Kata Berryblack. “Tetapi ada sarana komunikasi yang sangat cair dan fleksibel, cair maksudnya tidak ada batasan ruang dan waktu serta fleksibel maksudnya melampai kemampuan SMS atau MMS sekalipun, yaitu messenger dan email.”

Pak BJ yang tadinya duduk, berdiri lalu jalan mondar-mandir, entah antusias, tambah bingung atau emang pengen bediri aja.

Berrymanilow yang romantis……sambil teringat mantan pacar yang nun jauh di negri singa seberang tiba-tiba nyerocos, “Email dan messenger bisa merubah dunia dari senep jadi seneng, yang jauh jadi berlabuh, yang dekat jadi lekat.” Sambil tiap sebentar mata melirik Blackberry, menunggu email dan messenger dari mantan sambil senandung dalam hati lagu can’t smile without you.

Sambil mulut penuh arem-arem Berryerry ngga ketinggalan, “email juga bukan semata-mata untuk urusan bisnis aja, bisa loh buat berkirim foto, khususnya foto makanan.” Duuuhh biung tetep aja makanan jadi topik utama si Berryerry.

“Su..bi..du..bi..du….la..la..la, lagu Pak….email bisa kirim lagu lho,” timpal Berrywhite

“Mmhhh…iya seharusnya pradigma komunikasi baru dipadukan dengan kemampuan dasar BlackBerry bisa sangat powerfull,” renung Pak BJ sambil menghitung kebisaan handset BlackBerry berikut layanannya :
1. Telpon
2. SMS
3. Push Email
4. BBM atau blackberry messenger
5. Browsing
6. Yahoo Messenger
7. Google Talk
8. Info-info penting lainnya

“Berrysik coba cari tahu dampak aneh pemakaian Blackberry, biar kita berimbang dan tepat sasaran,” Pak BJ memberi instruksi. “Di Milis id-blackberry message no : 22502, saya baca banyak kebiasaan aneh, seperti rela disuruh antri, seneng saat terjebak kemacetan sampe waktu BAB jadi bertambah lama, coba telpon penulis message 22502,” lanjut Pak BJ

Tuuutt…..tuuuutt…..tuuutt…..ceklak…hallo
“Pagi, Mas Amil Luthfi (panggil mas….masih muda soalnya ;-P), saya Berrysik dari Buah Telecom, mau menanyakan message no. 22502 di id-blackberry soal dampak aneh yang Mas alami setelah memakai Blackberry, apa benar begitu?”

“Pak Berrysik (udah tua soalnya ?) awal-awalnya memang saya jadi autis berat, pandangan mata lekat terus ke Blackberry, maklumlah euforia adanya gadget baru, tapi sejalannya waktu bisa makin bijak koq memakai Blackberrynya,” jelas Mas Amil.

“Sekarang dengan Blackberry, seperti pepatah kalau 1 musuh terlalu banyak dan 1000 teman kurang banyak, dengan Blackberry saya bisa bertambah teman, bertambah saudara, bertambah rejeki, apalagi teman-teman sering mengadakan gathering, ditambah kemudahan yang diperoleh untuk urusan pekerjaan, jadi soal Blackberry satu kata, tak kenal maka tak sayang,” celoteh Mas Amil

Perbincangan berlanjut sampai beberapa lama kemudian.

“Baik saudara-saudara kita tau apa kendala utama, kita tau kekuatan messenger, email ataupun layanan lainnya dan kita sudah tau kelebihannya dan kekurangan layanan Blackberry,” Kata Pak BJ….mmhhh udah mulai nyambung nih!

“Berryerry!!……koq makan terus!…..arem-arem udah 4….coba apa langkah selanjutnya,” Pak BJ sebel, arem-arem bagiannya diembat Berryerry.

“blbb…..bbb….puah….bbllp,” sambil muncrat Berryerry berusaha ngomong.

Kita bagi pengguna kedalam beberapa kelompok Pak, saya perhatikan waktu makan di Oh lala café.” Teutep ya sambil makan.
1. Ibu-ibu muda : ngobrol chit chat gossip sesama teman cocok dengan layanan messenger
2. Eksekutif muda/pekerja : koordinsai pekerjaan dengan email dan mesenger cocok dengan layanan push email dan messenger
3. Mahasiswa muda : browsing bahan-bahan kuliah maupun ikutan mailing list cocok dengan layanan browsing dan push email
Pelajar muda : tetep suka sms buat komunikasi, tapi diarahkan memakai layanan messenger

Semua yang hadir bengong…..mayan juga si Berryerry…..perut di isi….otak langsung jalan

“Tinggal lebih gencar pengenalan produk di tempat-tempat umum, seperti mall, perbelanjaan, kantor-kantor, kampus dan tempat strategis lainnya,” lanjut Berryerry.
“Supaya lebih menarik, selain ada booth bisa kita pakai Sales Promotion Girl/Boy buat mengelilingi arena pameran sambil memberi kesempatan uji coba layanan dan fitur BlackBerry buat pengunjung,” Berryerry terus nyerocos

Berrymanilow yang dari tadi diam, begitu dengan kata-kata SPG langsung segar.
“Setuju pakai jasa SPG cantik berstatus lajang berkaki jenjang, buat yang pria harus ganteng berperut rata dan ngga suka maen mata.” Wah Sepertinya ke ‘Playboy’ an Berrymanilow takut tersaingi nih!

“Baik, berarti tinggal masalah handset dan aboddemen,” Lanjut Pak BJ

Berryblack langsung menimpali,”Buat handset, agar tidak terjadi masalah teknis, dan handset yang beredar mudah di kontrol, Buah Telecom sebaiknya memberi subsidi buat pelanggannya dengan sistem kontrak berlangganan dalam berbagai pilihan jangka waktu misalnya
1. Handset gratis, dengan kontrak 2 tahun dan pelanggan membayar Rp. 350.000,-/bln,
2. Handset bayar 50%, kontrak 1 tahun dengan bulanan Rp. 250.000,-/bln, ya untuk detailnya nanti bisa kita bahas lagi Pak.”

“Pak BJ!” Berrywhite angkat bicara. “Seperti yang disampaikan Berryerry tentang segmen pengguna, bagaimana jika biaya bulanan kita sesuaikan dengan keinginan pelanggan dan penggunaannya
1. layanan paripurna, semua kemampuan Blackberry di manfaatkan, Rp. 200.000,-/bln,
2. hanya layanan push email saja Rp. 100.000,-/bln,
3. hanya layanan chatting saja Rp. 100.000,-/bln,
4. hanya layanan browsing saja Rp. 100.000,-/bln
5. tambahan layanan ke-2 tambah Rp. 50.000,-/bln, seperti itu Pak BJ. “Angka itu masih reka-reka saya Pak, perlu kajian lebih dalam.

“Eureka….sepertinya layanan persegmen lebih fair buat pelanggan,” mbathin Pak BJ.

“Oke team, strategi pemasaran ini akan kita luncurkan segera, terima kasih masukkannya, rapat berikutnya membahas jasa SPG mana yang kita pakai saat launch handset dan layanan.”

HOREEE….team semua gembira dan bertepuk tangan……tentunya dalam hati, soalnya air muka Pak BJ kurang bersahabat, gara-gara cuma kebagian kue cucur.

*kesamaan nama Cuma kebetulan, kalo masih juga namanya sama, temen-temen aja ya yang ganti nama, entar saya bantu urus kekelurahan…..waaa’….waaa’…waaa’

Amil Luthfi
Jakarta

Keren ya, karangannya bagus-bagus dan sangat berguna dalam pengembangan penetrasi blackberry di Indonesia. Sekali lagi, buat yang ingin menyimak lebih detil karangan-karangan lutju dan seru ini, silakan mampir di: http://ponselmu.com/2008/01/30/mau-asus-eee-gratis.

Btw, jika anda teliti, saya juga masuk sebagai pemenang loh hue hue hue..

ayo tebak, yang mana? sorry, kalau betul hadiahnya bukan Asus EEE-PC ya, wong Asusnya sudah dimenangkan bos Amil he..he..

Btw, memang gak salah, karangan bos Amil Lutfi menurut saya juga yang paling bagus, karangan lutju dan seru namun punya content yang sangat menarik.

Kapan ya ada kuiz seru seperti ini lagi? bos HSW dan XL ditunggu kuiz selanjutnya ya..

~ by celemotan on 10 February, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: