How to Upgrade/Downgrade Palm Treo750


Beberapa rekan menanyakan bagaimana melakukan upgrade treo 750 mereka ke versi terbaru, yaitu Windows Mobile 6.0, yang diharapkan mengelemenasi berbagai kelemahan yang ada, seperti unsupported MiniSD memory higher than 1Gb dan beberapa issue stabilitas.

Secara garis besar perpindahan dari Windows Mobile versi 5.0 (untuk selanjutnya saya sebut WM 5) ke Windows Mobile versi 6.0 (untuk selanjutnya saya sebut WM 6) merupakan upgrade yang baik sekali bagi pda phone WM 5 anda dan secara khusus pada treo 750 ber-WM 5 anda.Perubahan significant yang saya dapatkan adalah:

  1. Kestabilan treo 750 makin terasa setelah upgrade ke WM 6, kalau dulu di WM 5, keisengan naik-turun program baru akan membuat treo saya mudah hang, tidak di versi WM6 ini.
    pada intinya, di WM 6, pdaphone tidak mudah hang/freeze.
  2. kabel data USB sekarang (dengan ActiveSync versi 4.5) sudah dapat melakukan charging, sehingga kita tidak perlu membawa-bawa charger, cukup koneksi USB ke PC/laptop sudah dapat melakukan charging.
  3. Blackberry Connect (BBC) yang sebelumnya dapat berjalan baik di WM5, tidak dapat dijalankan lagi d WM6, mungkin harus menunggu update dari RIM supaya hal ini dapat terjadi, memang support dari HTC terhadap Treo 750 (Treo 750 sebagian besar dioutsource ke HTC produksinya oleh Palm) dan vendor lain agak lambat. buat yang masih membutuhkan BBC di perangkat Treo anda, terpaksa anda tetap harus puas dengan WM5. Btw, untuk di luar treo hal ini tidak terjadi ya, Dopod products yang pindah ke WM6 tetap memiliki BBC yang disupport RIM.
  4. Problem memory card yang tidak bisa terbaca lebih dari 1 Gb, sudah teratasi dengan baik, jika di WM5, MiniSD Kingston 2Gb saya tidak terbaca (bisa terbaca, namun setiap layar OFF kemudian hidup kembali memory card tidak terbaca, sehingga kudu di unplug/plug memory cardnya lagi supaya bisa terbaca) – maka di WM6 tidak menjadi masalah lagi.
  5. Detail enhanced yang di provide oleh palm dapat dibaca di websitenya, enhanced yang lain sebenarnya lebih ke kosmetik dan menjaga kestabilan CHEETAH saja (cheetah adalah codename HTC untuk product treo 750).
  6. Terakhir, tapi yang terbaik, setelah ke WM6 treo 750 memiliki kemampuan 3.5G (HSDPA), ini advantage besar yang bisa kita rasakan

Ok, enough untuk pemaparan WM6, sekarang bagaimana cara mengupdatenya?
gampang. Lakukan beberapa step dibawah ini.

  1. Pastikan data Phonebook, SMS, email, Notes, task dan program kesayangan anda telah di backup ditempat yang aman dan bisa anda restore jika dibutuhkan,minimal lakukan synchronize dengan Microsoft outlook anda.
  2. Copot memory card anda dari tempatnya.
  3. Download source WM 6 untuk treo anda dari website resmi Palm* (http://palmone.r3h.net/downloads.palm.com/Treo750_2_18_VFE_DesktopUpdater.zip) , atau download dari xda-developers.org atau mintalah dari rekan-rekan yang anda tahu memiliki akses internet cepat (karena size upgradenya lumayan gede, hampir mendekati 100 Mb (file resmi ya))
  4. Pastikan battery treo anda dalam kondisi cukup sebelum melakukan upgrade.
  5. Setelah itu double click file yang telah di download, dan ikuti proses dilayar.
  6. Pastikan anda memiliki kabel data treo untuk melakukan koneksi ke treo anda.
  7. Tunggu dan lakukan sesuai petunjuk di layar setup
  8. Selesai.
  9. Pastikan bahwa OS dan firmware treo anda telah terupgrade dengan melihat melalui:
    Start > Settings > (tab) System > About
  10. Check pada Tab VERSION untuk menyimak OS upgrade anda
  11. Check pada Tab PHONE untuk menyimak versi Software dan firmware anda (2.18 dan 1.47.02).

screen001.pngscreen002.png

screen004.pngscreen005.png

Notes:
* Link yang diberikan mungkin tidak update, untuk versi terbaru, silakan check pada website palmone.com

Nah, pertanyaan sulit berikutnya adalah, jika saya tidak cocok dengan WM 6, bagaimana caranya untuk melakukan perpindahan dari WM 6 kembali ke WM 5, semisalnya saya ingin menggunakan feature BBC di treo saya?

Setelah anda melakukan proses upgrade dari WM5 ke WM6, anda tidak dapat melakukan downgrade (istilah untuk turun ke posisi sebelumnya) dengan cara biasa, seperti melakukan install update WM5 dan berharap installasi akan melakukan penimpahan WM6 menjadi WM5 kembali, karena ada bagian dari proses instalasi yang akan melakukan pengecekan, apakah versi yang akan diinstall ke treo anda lebih tinggi atau lebih rendah-jika versi Operating system anda lebih tinggi, maka proses installasi akan dibatalkan sepihak oleh software tersebut.

So, bagaimana baiknya?

Jika anda mendownload file update baik WM5 maupun WM6, ketika anda melakukan installasi awal, file tersebut akan di-exctract* ke folder khusus yang bisa anda ketahui, semisal di My documents atau di C:\ komputer anda, nah carilah ber-extensi** .nbh atau carilah file .nbh tersebut di xda-developers.org***

Setelah anda mendapatkan .nbh untuk WM5, anda tinggal melakukan installasi dengan cara:

  1. Backup seluruh data di treo & kartu memory anda ke komputer anda (termasuk diantaranya phonebook anda, sms anda, task dan calendar).
  2. Format kartu memory treo**** anda dengan menggunakan CARD reader dengan FORMAT FAT32.
  3. Caranya mudah kok, setelah anda memasukkan kartu memory ke card reader, bukalah aplikasi Windows Explorer anda, dan click kanan pada kartu memory anda, pilih format dengan pilihan FAT32.
  4. Setelah selesai anda format, Copy file .nbh tersebut ke kartu memory treo anda.
  5. Keluarkan kartu memory anda dari card reader, masukkan kembali ke Treo 750 anda
  6. Lakukan bootloader reset dengan langkah sbb:
    • hidupkan treo750 anda
    • tekan MEDIA* button dan secara bersamaan tekan lubang reset** dengan stylus anda.
      • *MEDIA button adalah tombol ketiga di sisi kanan treo, tombol dibawah setelah tombol volume-DOWN.
      • **lubang RESET berada di bawah letak kartu memory treo.
    • tahan tombol MEDIA (di sisi treo750 anda) hingga di layar muncul gambar 3 warna.
  7. Setelah muncul warna pelangi dalam layar treo anda, memory internal treo750 akan mulai ditulis ulang dengan file .nbh yang telah kita copy.
  8. Peringatan: JANGAN sekalipun mengeluarkan Memory Card dari treo750 anda pada saat proses ini dilakukan!!!

  9. Tunggu hingga proses selesai, proses akan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.
  10. Setelah ada konfirmasi proses selesai, reset treo 750 anda dengan menekan lubang reset treo anda (letaknya di sisi kiri treo, disamping lokasi penyimpan kartu memory anda).
  11. Maka proses selesai, dan Treo anda telah menjadi treo750 ber-WM5.

footnote:
* exctract adalah proses mengeluarkan isi file dari aplikasi yang sudah mengabungkan beberapa file dengan tujuan menjadi lebih kecil dan terkumpul, gunakan software shareware seperti WinRar dan Winzip untuk melakukannya.
**Extensi adalah jenis file yang akan kita gunakan, biasanya ditunjukan dengan 3 digit akhir dari nama file yang kita gunakan, seperti .doc untuk file microsoft office document, .xls untuk file excel dan .jpg untuk jenis file gambar JPEG.
***xda-developers.org adalah website underground yang merupakan komunitas pengguna PDA phone yang melakukan berbagai percobaan untuk mengoptimalkan penggunaan PDAphone mereka, termasuk salah satunya adalah treo750 dengan kode CHEETAH.
****Kartu Memory tambahan Treo750 berformat miniSD, biasanya tidak termasuk dalam paket penjualan dan harus anda miliki untuk melakukan proses downgrade/upgrade ini.

Nah, pertanyaan selanjutnya, bagaimana jika saya ingin melakukan Upgrade kembali ke WM6? apakah cukup dengan menginstall file update WM6 bawaan dari palm?

Sayangnya tidak, setelah anda melakukan upgrade ke WM6 lalu downgrade ke WM5, yang naik turun adalah Operating Systemnya, sementara Firmware atau lebih gampang disebut Software khusus perangkat keras-setelah di upgrade ke WM6 TETAP dalam versi terbaru, sehingga, proses upgrade dengan cara biasa tidak dapat dilakukan lagi.

Cara untuk upgrade ke WM6, sama dengan proses Downgrade, hanya file yang anda copy adalah .nbh khusus untuk WM6, selebihnya ikuti proses #1-10.

Apakah proses ini akan berpengaruh pada warranty Treo750 saya?

Sebenarnya tidak, sepanjang tidak terjadi kerusakan pada hardware treo750 anda, karena itu lakukan proses downgrade/upgrade dengan hati-hati.
Jika anda merasa proses yang telah saya jelaskan kurang dimengerti, silakan confirm dan tanyakan, atau minimal anda mencari opini kedua di xda-developers.org.

~ by celemotan on 16 January, 2008.

23 Responses to “How to Upgrade/Downgrade Palm Treo750”

  1. ada t\yg punya room wm5 kah untuk treo 750???

  2. salam damai… saya mempunyai treo750 wm 5, saya ingin upgrade ke wm 6 tapi download an nya ga bisa diakses karena expired. tolong saya kirim atau dimana saya bisa donload file Treo750_2_18_VFE_DesktopUpdater.zip… tolong saya.

    • coba main ke forums.xdadevelopers.com bro..
      saya sudah tidak menyimpan filenya lagi.. namun saya ambil di forum ini kok, di section cheetah (code name treo 750).

  3. Mas masih ada gak filenya desktop updater?
    Di palm sudah tidak ada lagi

    • sorry bro Dedy..
      saya sudah tidak menggunakan Treo 750 lagi..
      mungkin bisa jalan2 di forums.xdadeveloper.com untuk mendapatkan update terbaru?
      di section code CHEETAH.

  4. numpang celemot-an : adakah link buat download file winrar untuk palm tre750?

    Sering bgt, kl download dalm bntuk zip ato rar susah bukanya.

    ditunggu banget

  5. sudah saya unzip and sudah saya upgrade jg sih dan hasilnya ok. thanks ya tuk sharenya

  6. diatas itu bro ridwan,
    kalau gak yakin, coba di unzip aja hasil downloadnya,
    kalau tidak ada keterangan file corrupt (karena download terputus misalnya), berarti file ok2 saja.

  7. mau tanya mas, file Treo750_2_18_VFE_DesktopUpdater.zip sizenya berapa ya?? kok saya dapet hanya 60,5MB

  8. Bisa YM..
    Aku pake SLICK..

    Cari aja..

  9. mas kalo mo ber YM ria di treo 750 WM5 ga bisa ya?

    aku nyari programnya ga ada yg gratis hihi..
    kalo temen2 yg headset lain bisa pake ebuddy khan..

    ada saran?

    thank u

  10. Mas Andy, apakah treonya masih bergaransi? coba di claim saja jika ya. Sejauh ini, tidak ada yang punya pengalaman speaker yang mati karena upgrade WM6.
    Jika tidak bergaransi lagi, mungkin bisa dicoba untuk diservis di tempat anda beli?
    or let me know, untuk saya kenalkan dengan rekan Made atau bos zay dari gadtorade.
    maaf nomor telp/address mereka tidak bisa saya post disini karena adalah personal number mereka.

  11. Mo nanya nih mas, saya ada treo 750v, udah saya upgrade ke WM6, tapi kok speakernya jadi mati yah, kalo nelpon jadi harus pake speakerphone, sebelum upgrade speaker gak ada masalah, mohon sarannya…

  12. Mas Ferry, sori yak, salah liat nama waktu itu.
    [who the hell Edy is, anyway.. hue..he..he..]

    Buat mas Albert, saya juga waktu DL dari palm sampe 2 kali gagal karena internet lemot.
    Tapi di kasih lagi nomor serial baru buat DL selanjutnya, batasnya sampe 3 kali katanya.
    Coba aja kirim email lagi ke asia.service@palm.com sebelum DL lagi.

    Salam,
    Agus P.

  13. Bro Albert..
    coba lakukan re-download sehari setelah kegagalan..
    dan gunakan tool download manager untuk membantu meresume download yang putus, sehingga anda tidak perlu mengulang dari nol lagi jika koneksi internet anda terputus.
    lokasi anda dimana? mungkin bisa ketemuan utk copy filenya?
    japri saya saja ke ftj@cbn.net.id ya..

  14. Dear all,

    saya mau tanya, bagaimana saya bisa mendapatkan installer untuk wm6 ya? karena saya pernah coba donlod di website palm (butuh serial #) tapi waktu itu belum selesai download, internet saya terputus. saat saya coba lagi, website palm mengatakan kalau serial# saya salah atau sudah pernah donlod.

    saya mencoba mengirim email ke cust service palm, namun tidak ada jawaban.

    saya coba cari di xda-developers.org, tapi ga ketemu.

    bisa minta bantuan teman” yang punya installernya?

    terima kasih.

  15. Nama saya Ferry mas Agus bukan Edy :)))
    untuk voice recording sampai saat ini di WM yang terbaik yang saya gunakan adalah Audio Notes.
    sayangnya, tidak seperti treo ber-PALM OS, semua software perekam di versi WM tidak dapat merekam suara penelpon/yang ditelpon dengan baik, satu-satunya cara harus meng-ON-kan speaker phone.
    untuk versi terbaru mas Agus bisa check di pda4x.com.

    salam,
    ferry

  16. Mas Edy,
    Apakah Treo 750v ini bisa di-oprek supaya bisa melakukan voice recording untuk merekam pembicaraan telpon yg dilakukan?
    Ada pihak ketiga yang bikin mVoice yang bikin aplikasi untuk itu, cuman sayangnya mbayar [:)].
    Info ya mas kalo ada yang gratisan atau oprekan buat voice recording di Treo 750v ini.
    Makasih banyak sebelumnya.

    Salam,
    Agus P.

  17. Mas Eddy..
    Treonya versi apa? vodafone? atau?
    link terupdate bisa check via http://www.palmone.com, tinggal check berdasarkan jenis treo 750 anda.
    berikut saya paste link yang saya dapatkan per-hari ini di palm.com/id/ yaitu: http://www.palm.com/id/support/treo750v/downloads/wm6update.html

  18. Mas, Saya coba link diatas tetapi tidak jalan sama sekali. Boleh minta link baru

    Eddy

  19. Mas Sumthin, backup/restore SMS dengan cara copy palmmsgv* cukup ampuh even dengan WM6.
    apakah ada software 3rd party? ada, tapi kudu bayar he..he..
    menurut saya, cara paling praktis dan murah adalah copy paste file dari c:\windows\palmmsgv* tersebut.
    thank you untuk mengingatkan.

  20. Wuiuuuiihhh, bukan main, ini dia info yang saya cari2…. terima kasih banyak mas “celemotan”, akan tetapi ada pertanyaan nih mas…. sebagai pengguna treo 750, biasanya kita bisa membackup sms messages dari folder c:\windows\palmmsgv*… , nah pada saat upgrade apakah akan bermasalah bila kita membackup/ copy mentah2 dengan cara seperti itu? apa ada cara lain untuk membackup sms nya? mis . third party software….

  21. Sorry ya guys, per-today (16 Jan 2008) artikel masih draft, belum ada gambar dan .nbh filenya pun saya lupa namanya, nanti saya update begitu ada waktu ya..

Leave a Reply

 
