[review] Kiva.org – what website can really do for better world


kiva logoMinggu lalu, saya sempat menyaksikan Oprah di starworld, yang topiknya kebetulan mengangkat buku terbaru karangan Bill Clinton (ex. USA president), anyway, yang menarik adalah sepasang suami istri Matt & Jessica Flannery yang tinggal di Africa Timur, mereka sebelumnya adalah eksekutif muda yang sukses, namun begitu tersentuh dengan kondisi kemiskinan di Africa.

dan mereka memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk membantu, Matt yang seorang programmer handal memiliki ide yang brillian, yaitu mengumpulkan orang miskin yang ingin berusaha namun kekurangan dana dan mempertemukan dengan orang-orang yang memiliki keinginan membantu para entrepreneur dunia ketiga yang kesulitan dana.

Sehingga simplenya, para entrepreneur yang kekurangan dana ini cukup membuat proposal bisnis sederhana dan menampilkannya di Kiva.org, untuk kemudian para donatur yang tergabung dalam kiva.org dapat memantau dan memilih kepada proposal bisnis mana mereka akan memberikan donasi.

dana yang diberikan berbentuk pinjaman yang harus dikembalikan dalam term waktu yang disanggupi oleh para peminjam. pinjaman berkisar dari 25 dollar hingga ratusan dollar, nilai yang tidak seberapa bagi para behave, namun bagi entrepreneur di dunia ketiga (sebagian besar africa, amerika selatan, asia selatan dan timur) sangat besar dan berguna.

Yang menarik adalah, menurut Matt 98% dana yang dipinjamkan kembali pada waktunya!
kiva theme

Bagi anda yang memiliki kesulitan dana untuk memulai usaha kecil, kiva.org mungkin bisa menjadi jawaban, tetapi, benar-benar untuk kalangan masyarakat kecil ya, bukan untuk level middle-high yang sudah pasti mampu mengeluarkan dana 1 juta ke-atas.

So, sharingkan kiva.org untuk masyarakat kecil yang membutuhkan, in-fact saya malah berpikir, karena tidak semua orang kecil mengerti internet, mungkin anda dan saya malah bisa membantu menjadi pihak ketiga yang mempertemukan donatur di Kiva.org dengan orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan.

Anda terbeban? masuk ke kiva.org, pikirkan caranya dan mulai dengan hal kecil yang dapat anda lakukan. God bless you🙂

~ by celemotan on 12 January, 2008.

11 Responses to “[review] Kiva.org – what website can really do for better world”

  1. saya sudah jenuh memikirkan punya usaha sendiri,berkerja sepanjang hari bulan dan tahun,rutinitas ini sangat membosankan dan hasilnya sangat tidak sepadan utk hidup layak itupun saya perjuangkan dengan menghabiskan hampir seumur hidup saya,dunia semakin tidak adil terhadap masyarakat kecildan setiap negara sepertinya hanya membuat peraturan dan hukum hanya untuk mereka yg punya uang,dan kita sama maklum dengan keadaan ini.adakah orang yg dapat membantu saya mewujudkan impian saya,meminjamkan/atau memberi saya modal agar saya dapat hidup layak selaku manusia…?

  2. bagaimana cara memulai usaha di kiva .org

  3. bagaimana cara mengembangkan usaha kecil yang kami dirikan ini agar bisa di kenal di dunia

  4. saya pengrajin tas,mungkin selama ini sistem marketing kami konvensional dan blm modern,jadi masih apa adanya,door to door,padahal market kami sudah darisabang sampai merauke jadi kmi menyerap tenaga kerja lumayan banyak,tp kendala kmi di tertumpu dipermodalan mungkin ada dari temen2 tau bgaimana cara untuk mendapatkan &menghubungi kiva.org…..timakasih

  5. saya ingin bergabung dgn kiva krn jujur bahwa usaha saya di bidang penjualan ikan bakar perlu ditambahkan lokasi penjualan akan tetapi modal saya tidak cukup.sy tidak tau bagaimana caranya utk menghubungi kiva loan.siapa yg bisa tolong berbagi informasi pada saya?email saya : bdeky@yahoo.com

  6. Sy ingin sekali bergabung bersama dgn kiva krn jujur sy katakan bahwa usaha saya si bidang jasa transportasi sedang mengalami bantuan penambahan modal.tapi sy tidak tau bagaimana caranya utk menghubungi kiva loan.siapa yg bisa tolong berbagi informasi pada sy?email saya : erlin_osmerinday@yahoo.com

  7. ide yang berasal dari pasangan ini sangat brilian dan dengan tekad,nit dan ilmu yang mumpuni dapat terwujud demi idealisme.
    mudah2an di indonesia ada anak muda seperti ini.paling tidak mejadi feildpartner dari kiva sehingga nantinya banyak warga atau unit usaha kecil yang bisa terhubung da di bantu para donatur dunia lewat KIVA.

    ahmadhaniyah.wordpress.com

  8. Belum tentu lho orang yang mengerti internet gak miskin.Contohnya saya,mau usaha gak punya modal,menghidupi 3 orang anak,suami gak tentu rimbanya,punya hutang yang sudah jatuh tempo,jual barang ini itu.Cukup buat makan saja,kontrakan rumah 3 bulan lagi sudah habis.Bagaimana menurut anda?Saya sudah coba berbagai hal untuk bisa mengangkat kehidupan kami jadi lebih baik,belum ada hasil.Bisa anda membantu saya.Sampai saya ketemu dengan web ini,mungkin ini petunjuk-Nya?

  9. kita masyarakat kecil dari negara dunia ketiga tentunya gembira dan bangga terhadap ide2 yang dimunculkan oleh Matt & Jessica Flannery untuk membantu usaha2 yang dapat dilakukan melalui bantuan dana bagi kelangsungan kehidupan masyarakat kaum kecil di dunia ketiga. Patut kita berterima kasih akan perhatian dan keprihatinan yang diberikan mereka melalui KIVA.Org, kiranya kita berdoa dan berharap untuk mereka akan usaha2 yang mereka perbuat selama ini semoga Tuhan memberkati mereka, Amin.

Leave a Reply

 
