Don’t buy software, Buy Processes – Jangan hanya membeli software:belilah prosesnya


Agak sulit menerjemahkan kata-kata diatas ke bahasa indonesia, sehingga memang lebih baik tetap menempatkan judul artikel ini, judul artikel yang saya tulis ini sebenarnya merupakan terjemahan bebas dari source aslinya (http://hosteddocs.ittoolbox.com/ST121907a.pdf) tulisan Shawn Torkelson-yang merupakan Managing director Synapse SE.

Membaca artikel dari Shawn, membuat saya ingin mensharingkan apa point terpenting sebelum anda memutuskan untuk membeli software bagi kegiatan operational perusahaan anda.

Sering kali, decision maker dalam sebuah perusahaan sulit untuk memutuskan software apa yang cocok dan pas untuk kebutuhan perusahaannya, semakin banyak anda mendengarkan presentasi dari berbagai vendor, semakin anda menjadi bingung dengan kelebihan dan sugesti dari masing-masing vendor.

dalam memilih software terbaik untuk perusahaan anda, HARGA merupakan salah satu faktor penting NAMUN bukan TERPENTING, sehingga harap diingat: memutuskan membeli software hanya berdasarkan harganya yang paling murah adalah alasan yang kurang tepat.

harap diingat, sering kali software yang dibeli memang murah, namun yang tidak kelihatan atau biasa disebut hidden cost – malah membuat anda mengeluarkan investasi yang jauh dari kata murah untuk selanjutnya.

Sejujurnya, vendor-vendor software memiliki cara-cara marketing (baca: jualan) yang baik, sehingga apa yang mereka paparkan cenderung mengangkat hal-hal yang lebih daripada kompetitor mereka. Namun kita tidak dapat mempercayai semua yang mereka tawarkan, bahkan dengan meng-compete seluruh vendor yang ada akan membuat anda semakin bingung.

bahkan dengan membaca artikel reference mereka, “Top 5” “Top 10” sebenarnya adalah proses untuk membuat kita ‘membeli’ apa yang mereka tawarkan.

Sehingga, bagaimana decision maker dapat mengambil keputusan terbaiknya? bukan sekedar terpengaruh oleh feature dan interface atau bahkan discount yang menggiurkan dari para vendor? jawabnya sederhana, libatkan sebanyak mungkin orang-orang kunci dalam perusahan anda, untuk mendukung anda dalam mengambil keputusan terbaik, karena merekalah orang-orang yang berkutat dengan kegiatan operational sehari-hari perusahaan anda, bahkan mereka yang tahu cara terbaik untuk melakukannya.

hal menarik, bahwa kegagalan sebagian besar implementasi software, bukan seluruhnya kesalahan dari vendor software, ketika ditilik lebih dalam software yang digunakan memiliki feature-feature yang berjalan baik, user interface benar-benar mudah digunakan, sehingga implementor software sebenarnya telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Dalam hal ini, saya menjadi diingatkan, bahwa implementasi sebuah software adalah hal yang jauh dari sekedar implementasi teknis-perlu sekali memiliki vendor yang memberikan solusi, bagaimana business process yang terbaik bagi perusahaan tersebut.

Jika anda memilih consultant di luar perusahaan anda, anda harus mengerti mengapa anda harus mempertimbangkan masukan dan perubahan yang disarankan oleh konsultan anda.

Hal yang cepat dan mudah yang dijalankan sebelumnya di perusahaan anda-kerap kali bukan cara yang paling benar dan baik dilakukan atau digunakan dalam perusahaan anda, memang hal tersebut mungkin akan membantu proses operational anda lebih cepat, namun anda mungkin kehilangan kontrol terhadap seluruh proses yang ada dalam perusahaan anda, hanya karena orang-orang yang ceroboh dan berpikiran instant dalam menyelesaikan masalah mereka. Konsultan setidaknya dapat memberikan pilihan yang baik berdasarkan best practices yang digunakan di dunia.

So, bagaimana memilih Software yang terbaik bagi perusahaan anda, namun juga menawarkan business process yang lebih baik?
Hire vendor yang memiliki jam kerja terbaik di bidang tersebut, dan tentunya orang-orang yang mengerti solusi terbaik bagi JENIS business anda, yang mampu menawarkan solusi dengan membawa best business practices ke dalam paket solusinya.

Ingat, Keputusan membeli software BUKAN sekedar keputusan teknis dan harga, namun anda menaruh masa depan perusahaan anda ke hadapan TOOLS yang nantinya mendukung perusahaan anda berkembang dan besar atau justru mengacaukan kegiatan operational perusahaan anda.

Choose and decide wisely [..FTJ..].

~ by celemotan on 8 January, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: