Oracle Transportation Management (using Fusion Midleware)


GLOC with oracle fusionBaru selesai melihat presentasinya oracle tentang SCM solution dengan GLOC dan fusion technologynya oracle terbaru.

Sebelumnya saya sempat pesimis, apakah oracle mampu menyatukan berbagai teknologi hasil akusisinya dalam platform yang dinamakan fusion, meanwhile sungguh tidak mudah menyatukan kemampuan dan budaya dari perusahaan-perusahaan yang diakusisinya.

bayangkan, bagaimana mungkin perusahaan seperti Peoplesoft harus rela melepaskan teknologi mereka ke dalam oracle CRM atau Siebel dalam oracle BI technology.

GLOC with oracle fusionternyata, pemikiran saya salah, fusion bukanlah satu kotak besar yang berusaha memasukan-merger dalam 1 produk baru, tetapi fusion adalah platform yang berusaha menyatukan berbagai kelebihan tersebut dalam integrasi yang baik dan mengedepankan penggunaan SOA (Service Oriented Architecture) dan BPEL (Business Process Languange) – sebuah tool yang digunakan oracle untuk meredefinisikan bagaimana teknology dapat diatur dalam sebuah user friendly languange, bukan bahasa teknis yang hanya dimengerti oleh orang-orang teknis IT.

GLOC with oracle fusionMenariknya adalah, integrasi yang ditonjolkan sangat seamless (meskipun saya jamin tidak mudah), alkisah di dalam presentasi ini diceritakan: bagaimana sebuah Perusahaan sepatu di USA yang meng-outsource-kan produksinya di China, menggunakan teknologi oracle Procurement, oracle GLOC dan Oracle Transportation dalam memantau order mulai dari sepatu tersebut diberangkatkan dari warehouse ke port china, kemudian dikirim dengan logistic company yang berbeda ke Hongkong, dan dari hongkong di kirim ke pantai barat USA hingga akhirnya bisa sampai ke Arkansas (di daerah timur utara USA) tepat pada waktunya.

GLOC with oracle fusionMenariknya adalah, menggunakan teknologi RFID, semua proses di titik control dapat terpantau dan secara otomatis dinotify ke dashboard procurement, sehingga orang purchasing dapat memantau status order tersebut.

Bahkan, setiap logistic company yang melakukan shipping dapat dianalisa performancenya dalam sebuah KPI Analyzer. sehingga raport dari masing-masing 3rd party tersebut dapat dipantau dan dianalisa.

~ by celemotan on 27 December, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: