Perlahan, Game Mobile Gerus Pasar Ringtone


Jakarta – Perlahan namun pasti, pengguna game di perangkat bergerak (mobile gamer) kian meningkat. Semakin lama posisinya semakin menggerus pasar nada sambung (ringtone).

Hal ini diperkuat oleh studi yang dilakukan Juniper Research yang memprediksi bahwa nilai transaksi dari game mobile pada 2009 akan menembus angka US$ 10 miliar ($1 = Rp 9170, sumber: detikcom) secara global.

Peningkatan transaksi tersebut menurut pakar perusahaan analis ini disebabkan semakin disukainya game-game kasual di kalangan pengguna ponsel. Pasalnya, mereka tertarik dengan game tersebut yang mudah dimainkan dan kombinasi tampilan grafik yang juga sudah mendukung tiga dimensi (3D).

Alhasil, kondisi ini berpengaruh pada terjadinya pergeseran pilihan konten yang di-download dari para penyedia konten. Dari yang sebelumnya mayoritas pengguna ponsel lebih memilih konten ringtone kini mulai melirik game mobile.

“Di sejumlah pasar Eropa barat, download game telah mengambil alih posisi ringtone,” tutur Dr Windsor Holden, penulis studi tersebut yang dikutip detikINET dari Vnunet, Senin (12/11/2007).

Lebih dari 460 juta pengguna ponsel diramalkan juga bakal men-download game untuk ponsel mereka di tahun 2009. Angka ini naik dua kali lipat dari jumlah pen-download game mobile yang ada saat ini

Kawasan yang bakal menjadi motor peningkatan ini diprediksi berasal dari negara-negara berkembang, seperti India. Dimana jumlah penikmatnya pada 2007 mencapai 10 juta dan diproyeksi akan mendekati 40 juta pelanggan di 2009. ( ash / ash )

taken from: http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/11/tgl/12/time/110050/idnews/851224/idkanal/319

~ by celemotan on 12 November, 2007.

One Response to “Perlahan, Game Mobile Gerus Pasar Ringtone”

  1. itu semua emang bener, kita sebagai pengguna mobile phone kadang sampai lupa waktu jika udah ngegame di hape. bawaannya pingin mechin rekor sendiri hahahha.
    klo mo download game buat hp bisa di http://se-games-themes.blogspot.com/ ( SE Games, Nokia Games, Motorola Games, Samsung Games) semua ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: