Blackberry Review bagi New bie


Tiba-tiba kepikiran untuk share knowledge tentang blackberry, mengingat banyak banget teman yang nanya, apa itu blackberry dan bedanya apa dengan handphone yang lain.

3 type of blackberry model

well, mumpung ada waktu, saya coba share apa yang saya tahu secara singkat ya, jika ada yang kurang, silakan diberikan komentar dan masukannya.

Apa itu blackberry? apa bedanya dengan handphone lain?

blackberry logoBlackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System pada handphone blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

Blackberry jika tanpa berlangganan servis Blackberry, tentu hanya handphone biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika blackberry telah diaktifkan dengan layanan blackberry operator anda, blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.

Loh? Handphone saya juga bisa beremail ria, via GPRS/3G/HSDPA malah, terus bedanya apa dengan emailnya blackberry?

Well, soal koneksi memang blackberry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (seri tertentu, setahu saya baru 8707), namun bedanya adalah, jika pada device lain untuk menarik email ke inbox kita harus dilakukan secara manual (PULL teknology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software sementara dengan blackberry, email muncul tanpa ‘diundang’ eh maksudnya ditarik, seperti pengiriman SMS, email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita – bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.

Lah, kalau pda phone saya juga bisa PUSH email juga tuh dengan software 3rd party, ngapain saya pake blackberry?

Masalah selera sih, tapi 1 hal yang dari pengalaman saya pantau adalah kelebihan blackberry dalam mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala extrem ya), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 Kb (1 Mega) maka email yang anda baca di inbox blackberry anda hanya bersize 10Kb! amazing kan, berarti with blackberry device bandwidth koneksi sangat irit sekali.

Yang kedua, pernahkah anda mencoba menampung email di pdaphone/handphone anda lebih dari 1000 email? saya pernah, dan biasanya performance device kita pasti melambat dan bahkan paling parah hang sehingga harus di-reset.

well, dengan blackberry hal tersebut tidak perlu dilakukan, kelebihan inilah yang menjadi salah satu kekuatan blackberry, email puluhan ribu, monggo ditampung di blackberry anda, sebatas kemampuan memory-nya pasti tidak akan hang.

Terus, apalagi kelebihan blackberry? btw, harganya kok lebih mahal dari handphone biasa ya?

Untuk harga memang mahal, karena kualitas blackberry device sangat dapat diandalkan (baca: tahan banting), boleh percaya boleh gak, beberapa rekan-rekan di milis id-blackberry bahkan punya pengalaman mengesankan dengan blackberry mereka, ada yang kecebur di got, kecebut di wastafel, jatuh dari ketinggian beberapa meter dan paling seru, ada yang menggunakan blackberry 8700-nya untuk membuka cangkang kepiting saat makan sea-food.

goosseee, but that’s true!

Hmm, oke, blackberry punya kelebihan seperti diatas, emang dia gak punya kekurangan?

Almost perfect sih, tapi namanya buatan manusia pasti gak ada yang sempurna, berikut yang saya alami kelemahan yang dirasakan:

  1. Hantu pemakan email/sms, disebut demikian karena sampai saat ini ada device blackberry yang entah kenapa bisa menghilangkan email/sms kita. beberapa rekan-rekan bahkan melihat sendiri di list emailnya, email hilang 1 demi 1 seperti di manual delete, padahal mereka tidak melakukan hal tersebut. Penyebab yang paling mungkin adalah memory internal blackberry yang mengecil, sehingga device blackberry secara otomatis men-delete email/sms yang ada untuk menaikkan besarnya memory internal.
    solusi sementara saat ini, selalu lakukan update device blackberry anda dengan versi Operating system (OS) terbaru, semakin terkini kan semakin stabil.
    kemudian juga install software untuk memanage memory (auto-free tanpa mendelete email/sms).
    Lalu, pastikan email/sms penting di backup atau forward saja ke email penampung arsip anda.
  2. Software, ya software blackberry sangat sedikit dan semuanya harus berbayar (jarang banget ada freeware), yang merupakan kelebihan namun kekurangan blackberry adalah softaware yang kita gunakan pasti harus melalui otorisasi RIM (blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan blackberry), sehingga software blackberry hampir tidak mungkin dibajak, so, buat yang akan menggunakan blackberry siapin dana lebih dan credit card untuk membeli software blackberry yang anda butuhkan tentunya.
  3. Austis dan ‘gila’ sendiri, loh kok bisa? iya, buat beberapa orang email yang datang seperti SMS ini dapat menjadi addicted (ketagihan), bayangkan jika kita tidak dapat mengontrol waktu kapan harus melihat blackberry kita-orang terdekat, pacar, teman, orang tua, anak bahkan bisa terlupakan. Jadi pastikan anda menggunakan blackberry dengan bijak

Oke, kalau begitu saya siap menggunakan blackberry, berapa dana yang harus saya alokasikan? type apa yang cocok buat saya?

well, starting dari 2.5 juta hingga 7 juta, untuk lengkapnya silakan check di website blackberry.com, yang pasti tergantung selera dan dana anda, dengan 2 type utama yang full keyboard atau yang suretype keypad (mirip handphone biasa).

Ada tempat tertentu yang bisa saya kunjungi untuk melihat atau membeli? kalau mau bertanya atau ada masalah saya harus kemana ya?

Well, untuk saat ini yang saya tahu vendor penjual selain vendor telko (XL, Indosat dan telkomsel) di Jakarta (plaza semanggi, mall ambasador), bandung (BEC Gadtorade store dan beberapa rekan id-blackberry) dan Surabaya (bos Rizal dan beberapa rekan lain).

Untuk informasi terupdate, silakan join ke milis id-blackberry@yahoogroups.com juga disini anda bisa bertanya tentang segala masalah yang anda alami.

Ehem, vendor yang mana yang harus saya pilih? apa bedanya antara vendor tersebut?

Saat ini, layanan blackberry baru tersedia oleh vendor telko GSM (belum ada yang CDMA di indonesia), yaitu Telkomsel, Indosat dan XL.

untuk telkomsel, mereka menawarkan paket 20Mb/bulan dengan biaya Rp 150.000,00 dengan kelebihan diatas 20Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk indosat, mereka menawarkan paket 100Mb/bulan dengan biaya Rp 200.000,00 dengan kelebihan diatas 100Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk XL, mereka menawarkan paket 50Mb/bulan dengan biaya Rp 199.999,00 dengan kelebihan diatas 50Mb (untuk koneksi blackberry sebagai modem) akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

XL adalah satu-satunya vendor yang menyediakan bandwidth unlimited untuk koneksi internet/email via jalur RIM blackberry, sementara indosat dan telkomsel koneksi internet/email via jalur RIM blakcberry sama dengan besaran paket yang diberikan (20 Mb dan 100Mb)

Kelemahan XL cuma 1, area covered XL belum seluas Indosat dan Telkomsel, jadi buat anda yang mobile ke area luar pulau jawa, mungkin akan lebih baik memilih diluar XL.

Waktu ke Customer service, saya ditanyakan mau menggunakan layanan BIS atau BES, bedanya apa sih?

BIS blackberryBIS, lebih ditujukan untuk pengguna akhir (end user) personal, jadi hanya perlu KTP, CC dan informasi personal.

BES blackberryBES, lebih ditujukan untuk pengguna corporate, terutama yang ingin email dengan setting server pribadi mereka, atau bahkan memberikan policy terhadap email apa yang bisa dikirimkan dan diterima.

Jadi

kalau anda hanya ingin menggunakan blackberry untuk tujuan pribadi, go ahead with BIS, tetapi kalau anda ingin bersama-sama perusahaan anda menggunakan blackberry, dengan pertimbangan kelebihannya, silakan ngobrol dengan sales BESnya.

tambahan per-03 January 2008

Kalau mau mendaftarkan service blackberry, apa saja yang harus disiapkan?

Untuk berlangganan blackberry, anda harus berlangganan service blackberry dan menggunakan kartu PASCA bayar, sehingga, jika anda sudah memiliki nomor PASCA bayar, tinggal menggaktifkan layanan blackberry.

sementara, jika anda belum memiliki nomor PASCA, daftarkan ke vendor yang anda pilih untuk mendaftarkannya.

btw, jangan lupa membawa blackberry device anda saat mendaftarkan layanan ini, minimal anda mengetahui nomor IMEI dan PIN – PIN semacam nomor unik pada setiap blackberry device yang juga berfungsi sebagai id untuk menggunakan blackberry messenger.

Apakah biaya berlangganan blackberry sudah termasuk biaya SMS dan telepon? semisal jika saya menggunakan XL sebagai langganan saya? apakah 199ribu itu sudah termasuk SMS dan biaya telephone?

Tidak sayangnya, biaya 150ribu-200ribu itu hanya biaya berlangganan 1 bulan dan HANYA untuk blackberry, jika blackberry anda juga digunakan untuk ber-SMS dan telephone, maka biaya SMS dan Telephone akan ditambahkan diluar biaya tetap berlangganan blackberry tadi.

Yup, segitu dulu ya, ada yang gak jelas monggo ditanyakan, ntar saya coba bantu jawab (kalau bisa dan sempat ya).

Update per-18 Jan 2008.

As request dari bro Calculus, apa sih bedanya antara Blackberry yang menggunakan Handset RIM blackberry dengan menggunakan blackberry pada handset NON-RIM dengan software Blackberry Connect?

Blacberry Connect atau biasa disingkat BBC sebenarnya adalah juga inisiatif dari RIM untuk memperbesar pasar layanan blackberry, secara singkat untuk membantu pengguna handset non-blackberry untuk juga bisa mnggunakan layanan blackberry.

Dulu, memang orang akan lebih memilih handset diluar RIM karena bentuknya yang UGLY,bongsor dan mahal, hingga tidak bisa dipungkiri orang (dulu) akan memilih perangkat Pockect PC, Smartphone seperti NOkia dan Sony Ericcson atau Palm.

Namun sekarang tidak lagi, sejak peluncuran product seperti Pearl,Curve dan Huron yang mengusung bentuk yang sensual dan tipis, orang mulai melirik pada produk terbaru RIM, apalagi saat ini sudah mendukung GPS dan WIFI.

Secara penggunaan, jujur saya tidak banyak menggunakan BBC, karena perangkat handset saya (treo 750v) terasa disiksa sampai mau mati untuk menarik email ratusan buah, dan dalam beberapa kasus, butuh reset beberapa kali karena terkesan hang/lack.

Toh, PULL email di Treo750 bisa dibuat sama baiknya dengan BBC dengan men-set everytime PULL email.

Nah kembali kepada esensinya, jika anda :

  1. ingin menggunakan layanan blackberry
  2. dan handset anda sudah support Blackberry Connect dan anda tidak menginginkan penggunaan handset blackberry
  3. dan anda hanya membutuhkan 3 email account dengan trafic cuma beberapa hingga puluhan email.
  4. dan rela battery handset anda lebih boros dan panas
  5. dan rela kadang-kadang harus mereset handset anda
  6. dan rela performance handset anda sedikit lebih lambat.
  7. dan Tidak puas dengan PULL email bawaan dari handset anda.

Silakan menggunakan Blackberry Connect.

Dimana saya dapat membeli handset blackberry? apakah harga di Singapore dan hongkong lebih murah?

Well, sebenarnya handset blackberry dapat anda beli di vendor telko seperti XL dan indosat (tanyakan pada customer service mereka dimana anda bisa mendapatkannya), anda tidak harus mendapatkan harga lebih murah di singapore atau hongkong, jika dihitung dengan biaya transportasi atau pengiriman, tentu harganya menjadi mahal.

ada beberapa rekan penjual blackberry yang bisa anda kunjungi, bahkan diantara mereka anda bisa puas bertanya apa plus/minus/penggunaannya sebagai added value mereka, beberapa diantaranya adalah:

[iGo-SHOP]
Jl. KH. Abdullah Syafe’I kav.11 blok: R.9
Jakarta Selatan 12820
Indonesia
Phone: +6221-98989828
Fax: +6221-8302511

http://www.igo-shop.com

Contact Person:
Admin Ms Dian <dian@igo-shop.com>
Operation Mr Opinto <opinto@igo-shop.com>
+6221-99697101
iGo Nugroho [+62.817.777.665]
[pin]: 250e77fb
ym: igo.shop

ISHOP
Mulyadi@i-shop-online.com or
adhy@i-shop-online.com
Ishop
Plaza Semanggi 2 B no 147.
021.2553.6623
Open daily 10.00 – 20.00

Toko Gadget
-Ricky Antonio-
TokoGadget.com
owner(at)tokogadget.com
CellPhone 0818570666
Pin:2404ea08

selamat berburu blackberry incaran anda :-))

About these ads

~ by celemotan on 28 December, 2007.

257 Responses to “Blackberry Review bagi New bie”

  1. tombol ALT di storm 9500 dimana ya

  2. BB bold 9000 w sering nge heng..knapa yach…??

    • bos Teguh, ada 1001 kemungkinan penyebab..
      namun, coba sering cek kondisi memory anda via Options > status, pastikan memory anda tetap diatas 5Mb,
      dan jika anda pengguna BBM aktif, clear aktif chatt untuk increase memory anda.
      untuk bold 9000, jika anda pengguna aktif, saran saya, 2 hari sekali-shutdown bb, cabut battery selama 1 menit dan plug in kembali.

  3. mesej nya apa free ke dong?bb to bb??

  4. Tnya neh, tmen sya pake se W950i. Kmudian sya kirim email k hp dia, n hpnya juga bsa push email, tapi kug d hp dia g kbaca? Email nyampe tapi isi pesan tak terbaca. Apa krna pengaruh font pada BB yg tdak sma dgan font pda SE?? Terima kasih.

  5. salam kenal,

    gw mo tanya dunk. bedanya operating sistem BB ( OS ) dengan Windows mobile apa ? kelebihan dan kelemannya apa aja klo bisa bantu?
    makasih ya gues.

  6. wah keren, bener2 pas buat newbie kaya g hehehe… dari sejak pertama kali beli BlackBerry 8900 sampe skrg (walo lom lama juga paling baru 8 blnan hehehe…)banyak pertanyaan2 g yang kejawab dengan baca tulisan ini.
    sekalian mau nanya buat layanan BlackBerry Internet Service telkomsel itu katanya suka bermasalah bener ga sih?
    makasih banyak… :)

  7. bro kalo mau cari yang ngga d bundel sama operator, yang harga cukup miring dimana ya

  8. Mas, saya mau tanya di Blackberry apabila SMS sdh di-delete, apakah msh tertampung ditempat lain ? Misalnya di “Deleted Items” folder atau “Trash Bin” seperti di PDA sehingga memungkinkan diretrieve kembali ? Kalau ada, dimana ? Thanks & regards, pb

  9. Mas, mau tanya kalau di Blackberry apabila SMS sudah di-delete, apakah langsung hilang atau masih tertampung di folder umpamanya “deleted items” seperti di PDA ? Jika mash ada, ada dimana ya ?
    Thanks,
    pb

  10. bro, numpang tanya ni..
    kenapa mmc bb ga kebaca di my computer?
    saya pake tour os5
    tq…

    • coba check:
      1. apakah memcard terbaca via memcard reader? jika tidak, coba format dan check kembali
      2. apakah sudah di allow untuk card reader boleh dibaca di komputer? check di blackberry anda di Options > memory.

  11. Mas,saya maw tny nih..
    Saya kan br aj beli bb gemini 2 minggu yg lalu,
    tp kenapa maw lihat email tmn2 via facebook ga bs y?
    Koq kyknya lebih gampang pake mobile site y daripada facebook blackberry?
    Makasih..

  12. bro saya pengen beli BB,, tp masih bingung mau beli BB yg mana,, budget saya mentok di 4jeti…. kira2 BB apa yang pas buat saya,, apalagi saya seorang pemula dlm hal ini,,, trus masalah layanan2 dr yg saya baca di atas ttg BIS dan BES,, trus ada BBS n BBM,,, hmmmm kurang paham neh !!!! minta bantuannya dunk !!!!!!

    • bos challo, silakan baca dengan pelan-pelan segment blackberry di blog ini, hingga anda mendapatkan informasi yang diperlukan. jika budget anda 4jt, anda bisa mempertimbangkan blackberry 8520 (gemini) atau 8900 (javelin).
      cukup baik untuk digunakan pemula.

  13. saya mau tanya lagi nih….mengenai file yang tidak bisa terbuka di bb…seperti zip file atau pdf file,apa penyebabnya dan solusinya gimana bro

    • bro Handy, untuk pdf file, anda membutuhkan aplikasi berbayar untuk bisa membuka file .pdf, namun, jika hanya mereview via email, dapat dilakukan dengan cara biasa.
      untuk .zip, anda bisa gunakan bbfilescout, donate ware, silakan googling.

  14. Ada lagi bro….satu pertanyaan lagi titipan dari sohib gw, memang dia beli bb second…cuma ada kerusakan di slot untuk chagingnya nah jika kita bawa ke tembpat service hape biasa gimana bro….ato kalo ada alamat bisa kasih tau kita2 nih jika ada trouble seperti gini

    • maksudnya port usb chargingnya pak Handy?
      silakan main ke plaza semanggi, dan cari toko Pisang-ketemu dengan Hoesin+Ivy, mereka sangat bisa dipercaya untuk handle kerusakan ringan pada blackberry.

  15. Istri saya tadinya kerja di Singapura (bolak-balik Jkt-Spore), dia dulu beli BB di StarHub Singapore dengan sistim kontrak 2 tahun & dapat nomor mobile Singapura. Tapi nomor Singapura itu tidak pernah dipakai, meskipun tiap bulan tetap harus bayar uang abonemen bulanan (didebit langsung ke rekening di DBS Bank). Dia ke Indosat dan gunakan nomor dari Indosat dan tidak masalah. Sekarang dia sudah tidak bekerja di Singapura lagi. Kalau seandainya dia memutuskan kontraknya dan minta StarHub untuk menghentikan nomor mobile Singapura, sebelum kontrak berakhir maka dia harus bayar SGD 300.- (biaya pemutusan sebelum kontrak berakhir). Seandainya dia tidak mau bayar, apakah StarHub dapat “mematikan” handset BB-nya ? Karena sampai saat ini dia menggunakan nomor Indosat dan tdk ada masalah dgn BBnya bisa berfungsi dgn sempurna termasuk BBM. Terima kasih atas advisnya

    • pak Pibi..
      jika di kontrak pemutusan hubungan sepihak sebelum masa kontrak tertulis akan mengakibatkan blackberry istri anda suspended, maka sebaiknya anda memenuhi kewajiban pinalti tersebut. atau, jika anda merasa kemahalan, mungkin bisa share atau jual dengan rekan di SGD. bukan apa2 pak, supaya anda benar2 merasa peace of mind saja.

  16. halo saya mau nanya….bb saya cameranya tidak bisa dipakai secara tiba2, dan dan penyipanan file juga tidak bisa padahal ada media card, dan untuk pemutran lagu…tiba2 terputus…
    kira2 apa yg saya lakukan untuk itu, perlu diketahui sebelumnya media card saya tidak ada maslah..

    • bro Handy..
      ini maksudnya ada 2 masalah di blackberry anda?
      1. camera yang tiba2 tidak bisa digunakan
      2. media card yang tidak terbaca?
      sudah coba turn off dan cabut battery selama 5 menit?

  17. mau tanya, saya newbie nih utk hp blackberry tepat awal bln kmrn saya beli bb javeline… dan krn saya blm mengerti cara menggunakan blackberry saya slalu bertanya pd tmn saya yg lebih dulu menggunakan bb dr saya..
    dan saat saya menggunakan bbm, teman saya menyarankan untuk segera mendownload bbm versi 5. dan kemudian saya mendownload nya tp kenapa setelah saya download kadang saat saya mengunakan bbm ada tulisan ” Blackberry Messenger failed to register with the blackberry Messenger service. Registration is necessary to use the features of this application. please ensure your device time is correctly set, open the my profile screen and check the blackberry messenger registration status”. dan setelah saya ok, dan check my profile bbm saya, syaa melihat kebagian Messenger registration status dan keterangan yang ada “failed”. disini saya ingin menanyakan bagaimana cara memperbaikinya…trims

    • coba update time zone dan waktu (jam dan tanggal) dari blackberry anda,
      silakan check di options > Date/Time.
      pastikan jika anda berada pada wilayah WIB, pilih +7 (bangkok).

  18. Mantab Bos, informatif sekali. Jadi inspirasi buat blog saya nih.. thanks ya.

  19. Tepat 2 Tahun lalu, saya mem-posted artikel ini, dan tanpa terasa sudah menyentuh 2 Tahun.
    terima kasih teman-teman yang sudah mampir, doakan agar ada artikel sejenis yang bisa share-kan kembali dalam waktu dekat.
    fiuh, hampir menyentuh 100rb hit, moga as 31 dec 2009 angka 100.000 hit tercapai:-)

  20. gmn sih cra aktifin wi-fi nya

    • gunakan fitur wireless connection yang terdapat pada menu blackberry anda, yang biasanya bergambar tiang signal, aktifkan wifi dan/ check wifi options untuk menambah Akses Point.

  21. install flash player ngk bisa ? Kenapa ya . Ada rekomend’ sebab ada yg bisa juga…..thank

    Nurmanc

    • flash player untuk blackberry sementara belum ada bro..
      tapi anda bisa coba browser 3rd party bernama BOLT, yang bisa menjalankan animasi flash.
      linknya? coba google ya..

  22. GIMANA SIH CARA PASANG IKON UNTUK BB

    • icon apa bro andrey? mengganti icon email sesuai yang anda inginkan?
      sayang belum saya coba, namun tutorialnya ada kok, coba search via google..
      basicly, anda tinggal membuat 2 image (untuk 1 icon) dengan ukuran tertentu, lalu menggunakan BBfilescout (donateware) memasukan pada system drive blackberry.
      ada rekan yang bahkan jualan theme blackberry dengan customize icon foto keluarga :-)

  23. kalo memory nya gak bs kebaca gmn tuh caranya??
    padahal memorinya udh masuk??

  24. Ada gak sih cara untuk blacklist incoming call di blackberry??

  25. mohon bantuan,,,,aq pnya blackberry bold 9000,,,,trus saya cari theme di internet,,nah,,,masalahnya,,,bagaimana cra membuka theme di BB bold,,,,
    mohon di refuse,,,,

    • Sudah terinstall maksudnya bos?
      coba masuk ke folder Programs > Options > theme,
      nah coba dilihat ada gak theme yang sudah terinstall, untuk merubah themenya,
      scrool ke theme dan klik untuk mengaktifkan.
      ini yang anda maksudkan?

  26. bro temen gw ada yang beli bb dari barang rekondisi ato juga bm, so yang gw tanyakan mengenai id/pin nya gimana tuh…ada masalah gak kira dari RIM nya itu and gimana cara registrasinya bos..maklum neh ada minat juga pengen beli..hehehehehe

  27. Bro,numpang tanya lagih..blm ngerti soalnya..hehe…

    Kalau saya ga release pin BB di xl, trus saya lgs gnt kartu jadi telkomsel, apa pin saya bisa suspend?

    Kalau di xl, layanan bis nya sudah saya ketik bb off, apa itu sudah termasuk release pin?

    Thx bgt

  28. Bro,numpang tanya lagih..blm ngerti soalnya..hehe…

    Kalau saya ga release pin BB di xl, trus saya lgs fnt kartu jadi telkomsel, apa pin saya bisa suspend?

    Kalau di xl, layanan bis nya sudah saya ketik bb off, apa itu sudah termasuk release pin?

    Thx bgt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: